Jenis-jenis Tanaman Hias Ence Harga Puluhan Juta Rupiah

Jenis-jenis tanaman hias ence ini bisa berharga sampai puluhan juta Rupiah. Sebut saja Encephalartos woodi, E. erenarius, E. hirsutus, E. inopinus, E. eugene complex dan E. cupidus. Jenis-jenis yang telah disebut itu memang langka, terancam punah shingga harganya membumbung begitu tinggi. Bahkan, di habitat aslinya sendiri, jenis-jenis tanaman tersebut diproteksi sangat ketat. Setiap tanaman ditanam mikrochip untuk selalu bisa dipantau keberadaaanya. Berminat mengkoleksinya?
Jenis-jenis Tanaman Hias Ence Harga Puluhan Juta Rupiah
Encephalartos woodei, langka dan harganya puluhan juta Rupiah
6 jenis tanaman hias ence berharga puluhan juta Rupiah

1. Encephalartos woodi
Jenis ence yang paling langka karena pohon induknya diketahui sudah punah. Cara perbanyakan dengan teknik penyerbukan sudah tidak mungkin dilakukan. Satu-satunya cara untuk bisa mendapatkan anakan berasal dari tanaman induk jantan. Harga bonggol berdiameter 13 cm bisa mencapai Rp 20 juta lebih.

2. Encephalartos arenarius
Tanaman hias purba ini mirip dengan E. horridus, tepi tampak lebih kompak dan indah. Penggemarnya banyak dari kolektor dan hobiis Amerika. Daun lebih lebar dan lentur dibandingkan dengan E. horridus. Pertumbuhannya relatif lebih cepat. Bonggol berdiameter 12 cm, panjang daun 120 cm. Ada beberapa varian yang sudah diketahui berdasarkan warnanya, antara lain biru, hijau kebiruan dan hijau.

3. Encephalartos hirsutus
Yang unik dari tanaman hias ence ini yaitu daunnya yang tampak lembut. Pada jenis-jenis lain akan tampak kaku daunnya. Daun hijau yang kebiruan tampak diselimuti oleh bulu-bulu halus sehingga permukaannya tampak lembut seperti beludru. Daun tersusun rapat. Bonggol yang berukuran 14 cm dihargai Rp 25 juta.

4. Encephalartos inopinus
Sosok tanaman hias tampak elegan dan anggun. Helaian daun mirip Dioon atau sejenis sikas. Daun ence tampak mekar ke belakang. Umur tanaman yang sudah 40 tahun ke atas hanya bisa berdiameter 22 cm. Sangat lambat pertumbuhannya dan juga sangat sulit memperolehnya. Kolektor maupun hobiis harus inden terlebih dahulu. Harga tanaman hias purba ini bisa mencapai Rp 20 juta.

5. Encephalartos eugene complex
Sewaktu masih muda, penampilan mirip E. eugene. Sisik merah tampak di permukaan batang. Pada tangkainya terdapat garis kuning yang memperindah motif.

6. Encephalartos cupidus
Daun-daun yang tumbuh tampak lebat karena memang pertumbuhannya cepat. Bonggol yang sudah berdiameter 10 cm bisa muncul 10 tangkai daun. Anakan daunnya tampak tersusun rapi dan memenuhi tangkai sepanjang 30-40 cm

Itulah 6 jenis-jenis tanaman hias ence yang berharga puluhan juta Rupiah. Tanaman hias purba yang langka dan unik di dunia. Bagi kolektor dan hobiis, tak masalah dengan harga yang selangit dan rela antri untuk memperolehnya (inden).