Khasiat Manfaat Belimbing Wuluh (Averhoa bilimbi) Atasi Sariawan, Ketombe, TBC

Khasiat manfaat belimbing sayur (Averhoa bilimbi), antara lain; mengatasi sariawan, menghilangkan ketombe, antipiretiicum (rumphus), mengobati sakit perut, obat gondok, encok, obat bisul, obat batuk. Khasiat belimbing sayur ini berkat kandungan vitamin, mineral, asam kalium akolat yang ada di dalamnya. Ia bisa disajikan dalam bentuk makanan sebagai sayur asam, rujak, dan sambal. Rasanya masam segar sehingga sangat cocok disantap saat makan siang.

Diskripsi tanaman
Tanaman ini bersosok pohon pendek, mampu tumbuh setinggi 10 meter. Daun bersirip ganjil majemuk. Bunga berwarna ungu kemerah-merahan, biasanya mengumpul pada satu tandan tonjolan di batang. Buah beruang 5 yang di dalamnya terdapat biji-biji belimbing. Buah berair dan berasa asam. Ada dua macam warna buahnya, yaitu hijau tua dan hijau kekuningan.
Khasiat Manfaat Belimbing Wuluh (Averhoa bilimbi) Atasi Sariawan, Ketombe, TBC
Belimbing wuluh atau sayur

Khasiat manfaat belimbing wuluh (Averhoa bilimbi)
1. Atasi sariawan pada anak-anak
Bahan-bahan:
  • Buah belimbing                     15 buah
  • Gula aren secukupnya
Cara membuat:
Ambil 15 buah belimbing, rebus sampai mendidih dengan 2 gelas air dan beri gula aren secukupnya saja. Air rebusan ini diminum dalam sehari sampai habis. Lakukan rutin setiap hari sampai sariawan sembuh. Sariawan yang terjadi pada anak-anak biasanya menimbulkan bau dari mulutnya. Untuk menghilangkan baunya bisa diatasi dengan ramuan daun sirih. Ambil 3 lembar daun sirih, rendam dengan air mendidih selama 10 menit. Air seduhan ini dipakai untuk kumur-kumur pada pagi, siang, dan sore hari.

2. Menghilangkan ketombe
Tinggal mengambil beberapa buah belimbing yang sudah tua, lalu dibelah jadi dua, selanjutnya tinggal digosok-gosokan ke seluruh kulit kepala sambil menekan-nekan belimbing tersebut dan memijit-mijit kepala. Selama digosok-gosok akan terasa agak perih. Setelah merata, diamkan selama 15 menit, lalu cuci bersih dengan air hangat. Lakukan rutin tiap hari sampai ketombe hilang.

3. Atasi penyakit TBC
Bahan-bahan:
  • Daun sambiloto              8 gram
  • Bunga belimbing wuluh   4 gram
  • Daun saga                      5 gram
  • Cengkeh                        5 biji
Cara membuat:
Semua bahan-bahan tersebut direbus ke dalam 2 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Saat akan diminum, boleh ditambahkan madu. Minum ramuan ini 2 kali, pagi dan siang dengan setiap kali minum takarran 1/2 gelas. Khasiat manfaat belimbing wuluh (Averhoa bilimbi) untuk atasi penyakit TBC butuh waktu sekitar 1-3 bulan tergantung tingkat keparahan penyakitnya. Bila penyakit TBC sudah mulai terasa ringan, frekuensi minum ramuan herbal ini dikurangi, misalnya dari 3 kali sehari menjadi 2 kali sehari, dan seterusnya hingga hanya 1 kali sehari saja.

Mengetahui khasiat manfaat belimbing wuluh (Averhoa bilimbi) seperti di atas, sudah selayaknya, kita menanam tanaman ini di pekarangan rumah. Cara memperbanyaknya sangat mudah, ambil buah belimbing yang sudah sangat tua atau sudah jatuh, langsung letakkan di pot, lalu timbun dengan tanah. Selang 2 minggu akan bermunculan semai tanaman belimbing wuluh. Baca juga Khasiat Tanaman Sirsak