Menanam Tanaman Hias Daun Indah Ence (Encephalartos ferox)

Tanaman hias daun indah Ence atau Encephalartos ferox ini termasuk tumbuhan purba. Sosok daun, batang dan bakal bunganya berciri khas tumbuhan berspora. Masih berkerabat dekat dengan pakis haji dan aneka jenis tanaman sikas-sikasan.

Daun-daunnya lebar dibandingkan dengan jenis-jenis ence lainnya. Daun kaku dengan letak daunnya yang majemuk menyirip. Ujung daun berwarna merah-oranye saat masih muda. Pertumbuhannya lambat. Sosoknya yang menyerupai ekor burung sangat menawan untuk ditampilkan sebagai bagian dari taman rumah Anda.
Menanam ence (Enchepalartos ferox)
Ence (Encephalartos ferox)
Perbanyakan tanaman hias daun indah Ence (Enchepalartos ferox) yaitu dengan cara pemisahan anakannya. Tunas-tunas anakan yang muncul terletak di samping-samping batang. Untuk memisahkannya, harus memakai pisau yang tajam dan steril. Bekas luka dibiarkan sesaat. Kemudian semprot dengan larutan fungisida untuk upaya pencegahan terhadap serangan jamur. Anakan yang sudah dipisah ini tinggal ditanam. Pakai media tanam tanah dan pasir dengan perbandingan 1:1. Jaga kelembaban media tanam dengan cara disiram rutin sesuai kebutuhan.

Anakan Ence yang jadi atau berhasil diperbanyak, batang tetap segar, tangkai daun tetap berwarna hijau. 3-4 bulan kemudian akan tumbuh pucuk-pucuk daun baru. Ini berarti perakaran sudah tumbuh dan berkembang. 

Harga tanaman hias daun indah Ence (Encephalarots ferox) cukup mahal. Ini tanaman introduksi (dikenalkan dari luar ke dalam negeri) yang eksotis. Dari habitat aslinya, tanaman ini susah dibawa keluar negaranya karena ada peraturan tentang perlindungan tanaman. Asalnya dari wilayah Benua Afrika. Tanaman Ence yang bisa masuk ke dalam negeri merupakan hasil dari penangkaran para pemulia di berbagai belahan dunia. Kebanyakan, penangkaran tanaman Ence berasal dari Inggris, Amerika Serikat, Belanda dan Perancis.

Sebagai elemen taman rumah, tanaman purba ini cocok sebagai titik pusat perhatian (point of view). Ditanam di dalam pot atau langsung ditanam pada tanah sangat indah. Perakaran tanaman Ence yang pendek tidak merusak struktur tanah dan material-material keras di sekitarnya. Kombinasikan dengan rerumputan atau cover crop dari jenis-jenis kriminil atau tanaman perdu berbunga lainnya yang berukuran pendek.

Menanam tanaman hias daun indah Ence (Encephalartos ferox) untuk taman rumah minimalis Anda sangat dianjurkan. Selain bisa dinikmati keindahannya, tanaman purba ini memberi nilai prestise bagi pemilik rumah itu sendiri. Selain dari kelangkaannya, tanaman ini juga bernilai mahal.