Tempat Wisata di Bogor Situ Gunung

Tempat wisata di Bogor Situ Gunung ini, Anda akan benar-benar bisa berinteraksi dengan alam sekitarnya. Kita bisa mengamati flora dan fauna sambil menjelajahi hutan dan gunungnya. Untuk sampai ke lokasi wisata ini sangat mudah dijangkau. Akomodasi lengkap karena tersedia pengingapan dan hotel dari berbagai kelas, atau bila kita ingin benar-benar menikmati alam bebas bisa membuat tenda di lokasi bumi perkemahan. Dari Jakarta hanya butuh waktu sekitar 2 jam menggunakan mobil. Bila memakai transportasi umum, dari Pasar Cisaat (sebelum Kota Sukabumi) hanya berjarak sekitar 8 km. Bisa memakai angkutan kota atau ojek untuk sampai ke lokasi wisata.
Tempat Wisata di Bogor Situ Gunung
Situ Gunung, segar dan asri

Kaya flora dan fauna
Infrastruktur jalan di sekitar kawasan wisata Situ Gunung sudah sangat bagus. Suasana tenang, segar, dan nyaman buat wisatawan. Para wisatawan bisa berjalan-jalan kaki sambil menikmati udara segar pegunungan, hamparan hijau pertanian dan perkebunan, sampai hutan rimba. Dengan suasana asri seperti ini tak membuat para wisatawan cepat lelah.

Kurang lebih 1 km berjalan, kita bisa menjumpai tempat wisata di Bogor Situ Gunung. Cerita yang sudah jadi legenda, pada abad ke-19, Situ Gunung ini dibuat oleh seorang bangsawan dari keturunan Mataram yang bernama Rangga Jagat Syahada atau yang lebih dikenal dengan Mbah Jalun. Pada era kolonialisme, area ini dijadikan sebagai tempat rekreasi untuk orang-orang Belanda. Tak heran kalau di sini terdapat banyak bangunan villa peninggalan Belanda.

Tonjolkan atraksi alam dan flora fauna
Situ Gunung berada di lereng hutan tropis yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Wisata ini berada di ketinggian 1.050 m dpl, dengan suhu udara 18-28 derajat Celcius. Tempat wisata ini merupakan habitat dari puluhan jenis tumbuhan, burung, dan satwa liar. Di sini juga terdapat daya tarik atraksi alami seperti sungai, air terjun, dan vegetasi pohon damar yang ditanam sejak tahun 1918.

Fasilitas yang tersedia oleh tempat wisata di Bogor Situ Gunung, antara lain; tempat parkir luas, pusat informasi dan ruang pertemuan, bumi perkemahan, air bersih, MCK, wisma tamu di tepi danau, konvensi untuk meeting, dermaga, bangku-bangku santai. Pengelola wisata dari Perum Perhutani menawarkan paket wisata alam. Ada 3 paket wisata alam pilihan yang bisa diambil oleh para wisatawan. Masing-masing paket wisata menawarkan daya tarik wisata yang benar-benar mengasyikan. Sekarang, Anda tinggal datang ke tempat wisata ini untuk menikmati segala keindahannya.