Budidaya Ikan Koi, Pengukuran Parameter Kualitas Air

Ikan merupakan hewan berdarah dingin. Temperatur tubuhnya bergantung pada suhu air lingkungannya. Semua kondisi fisiologis dan tingkah lakunya dipengaruhi oleh suhu air kolam. Di alam, ikan koi bisa hidup pada kisaran suhu 0-35 derajat Celcius. Hanya saja respon tubuh terhadap suhu air tentu berbeda-beda. Suhu lingkungan yang ekstrim mengakibatkan gangguan fisiologis pada tubuhnya. Gerakan ikan lemah.
Budidaya ikan koi
Ikan koi siap jual
Pada suhu lingkungan yang ekstrim bisa mengakibatkan gerakan ikan koi melemah, nafsu makan jauh berkurang dan mudah terserang penyakit. Pada suhu 12 derajat Celcius, sistem kekebalan ikan koi tidak berfungsi sebagaimana mestinya hingga pada suhu 6 derajat Celcius, ikan koi jarang sekali makan. Temperatur yang paling efisien sebagai ruang hidupnya pada kisaran 15-25 derajat Celcius. Sayangnya, pada kisaran suhu lingkungan ini, warna ikan koi cenderung memudar bila dibandingkan pada kondisi lingkungan yang rendah.


Dalam budidaya ikan koi bisa dipakai sumber air dari sumur dan sungai irigasi. Asalkan memenuhi syarat untuk kehidupan ikan-ikan koi. Derajat kemasaman air atau pH sebenarnya tidak begitu berpengaruh banyak terhadap ikan-ikan koi. Hanya saja, ikan koi akan hidup dengan baik pada derajat kemasaman air sekitar 6,5-8,5. Angka kesadahan 2-20 erajat dH. Bila kolam ditumbuhi lumut atau ganggang, angka pH akan berfluktuasi walau tidak begitu drastis.