4 Cara Santap Buah Mangga

Berikut ini 4 cara santap buah mangga yang bisa Anda lakukan, antara lain: pengupasan kulit, mengiris daging buah tanpa pengupasan kulit, disantap layaknya alpukat, dan diisap airnya. Tidak semua 4 cara tersebut diterapkan pada satu jenis mangga. Tiap-tiap jenis mangga memiliki karakteristik yang khas sehingga diperlukan satu cara santap yang khusus untuk memperoleh kenikmatannya. Jadi, kenikmatan mangga tak hanya dari rasa daging buahnya saja, tapi juga cara menyantapnya.
4 Cara Santap Buah Mangga
Cara santap buah mangga tanpa mengupas kulitnya
Buah mangga sudah menjadi buah favorit semua orang karena rasanya yang juicy, segar dan manis. Di pasaran sudah tersedia berbagai varietas buah mangga yang terkenal enak, misalnya saja: arumanis, gedong gincu, manalagi, indramayu, nam dok mai dll. Masing-masing buah tersebut memiliki kekhasan sendiri, baik rasa, tekstur, serat dan kadar airnya. Oleh karena itu, perlu teknik tersendiri untuk menyantap mangga supaya kenikmatannya lebih maksimal.

4 cara santap buah mangga

  1. Pengupasan kulit. Cara yang sudah umum dilakukan oleh orang. Pengupasan kulit mangga banyak caranya tergantung kebiasaan orang mengkonsumsi buah. Misalnya saja, mengupas kulit mangga secara terputus-putus, mengupas kulit mangga tanpa memutus bagian kulit baik dengan arah membujur maupun memutar. Setelah kulit mangga terkupas, daging buah diiris-iris menjadi ukuran kecil-kecil bentuk dadu atau menjadi lembaran tipis. Sesuai selera orang, ada yang menyantap daging buah mangga bersama bumbu kacang seperti pada makanan rujakan.
  2. Pengirisan daging buah tanpa pengupasan kulit. Cara ini bisa diterapkan pada semua jenis mangga. Caranya, cuci mangga sampai bersih. Setelah itu, iris buah membujur setebal daging buah atau sampai menyentuh biji. Setelah itu tinggal melepas bagian kulit mangga seperti layaknya mengupas kulit pisang. Daging mangga siap disantap. Cara santap ini biasanya untuk jenis-jenis mangga yang berserat. Untuk jenis mangga yang tidak berserat seperti arumanis, daging dipotong-potong bentuk dadu yang selanjutnya tiap dadu disantap memakai sendok.
  3. Disantap seperti alpukat. Termasuk cara unik dan langka. Cara ini cocok untuk jenis-jenis mangga tak berserat seperti arumanis dan gadung. Buah mangga harus matang pohon. Caranya, buah mangga dikerat di bagian tengahnya melingkar sampai menyentuh bijinya. Selanjutnya tinggal memisahkan kedua bagian tersebut dengan cara dipuntir lalu ditarik sampai salah satu bagian terlepas dengan bijinya. Bagian yang tanpa biji bisa disantap langsung bagian daging buahnya dengan sendok. Sementara bagian lainnya yang masih ada bijinya harus dilepas dahulu dengan tang. Setelah terlepas tinggal disantap daging buahnya dengan disendok.
  4. Diisap airnya. Cara ini memang jarang dilakukan. Cara ini hanya cocok untuk jenis mangga berserat. Caranya, mangga dicuci bersih, selanjutnya dipukul-pukul sampai bonyok bagian daging buahnya. Setelah itu bagian ujung buah digigit sampai berlubang dan langsung saja diisap airnya layaknya bayi sedang menyusui.

Itulan 4 cara santap buah mangga yang bisa Anda lakukan untuk bisa menikmati rasa buah mangga sekaligus merasakan kenikmatan sensasi memakannya.