Itoh Buahnya Merajai Pasar Dalam Negeri, Tanamannya Masih "di-PHP-in"

Itoh merupakan lengkeng dataran rendah yang terbaik berdasarkan standar kesukaan konsumen. Tak heran kalau buahnya mudah dijumpai di swalayan-swalayan dalam negeri. Namun, tidak dengan tanamannya, ia masih sebuah impian untuk memunculkan buahnya yang ditanam di Indonesia. Bahasa alay-nya masih di-PHP-in.
Itoh Buahnya Merajai Pasar Dalam Negeri, Tanamannya Masih "di-PHP-in"
Lengkeng itoh, paling banyak dikebunkan di Thailand
Nama lain itoh yaitu e daw. Di Thailand, itoh yang paling banyak ditanam di kebun. Hal ini karena ia berbuah hampir sepanjang tahun. Buah berukuran besar, daging buah tebal dan rasanya manis. Buah lengkeng dataran rendah ini bisa dikalengkan atau dikeringkan. Buahnya memang bisa tahan lama dan tidak mudah rusak selama pengangkutan. Saat berbunga, jumlahnya banyak. Sosok buah kokoh. Perawatan gampang dan mudah beradaptasi. Jarang sekali, hama dan penyakit yang menyerang varietas lengkeng ini.

Aslinya, itoh adalah tanaman subtropis. Di habitat aslinya, iklim dingin dan sejuk akan memunculkan bunga dalam jumlah banyak. Ia dipaksa untuk beradaptasi tumbuh di dataran rendah. Biar bisa berbunga dan berbuah seperti berada di iklim subtropis, ia diberi perlakuan penyiraman yang di dalamnya terkandung larutan 1-2% kalium klorida. Cara buat larutan yaitu dengan memberi 10-20 gram KCl ke dalam 1 liter air, lalu disiramkan ke tanah di bawah tajuk.

Itoh dari Thailand ini sudah tak asing lagi bertengger di lapak-lapak buah pinggir jalan sampai di pasar-pasar swalayan. Buah lengkeng dataran rendah ini memang termasuk andalan ekspor negeri gajah putih. Di Thailand itu sendiri, lengkeng unggulan mereka yaitu varietas si chompu. Ciri khas dari varietas ini yaitu daging buah berwarna pink dan biji berukuran kecil.

Di Indonesia, bila hobiis ingin menanam itoh, pilih lokasi yang agak tinggi. Walau di Thailand, ia bisa berbuah di daerah berketinggian 50 m dpl. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan sifat aslinya yang berada di daerah subtropis yang dingin dan sejuk.