Tips Alami Merawat Kulit Berminyak

Riasan mudah luntur? Jangan dulu salahkan kosmetika yang Anda gunakan. Cermati kulit wajah, mungkin Anda memiliki jenis kulit berminyak.

Kulit berminyak
Ciri khas kulit berminyak adalah permukaan kulit yang mengkilap terutama di daerah 'T'. Hal itu disebabkan karena kulit berminyak memiliki kelenjar-kelenjar lemak yang bekerja secara berlebih, sehingga melapisi permukaan kulit. Akibatnya riasan tidak dapat melekat di kulit dengan baik, sehingga tampak tidak merata dan mudah luntur.
Tips Alami Merawat Kulit Berminyak
Konsumsi salad sangat bagus untuk yang memiliki kulit berminyak

Ciri lain dari jenis kulit ini adalah tekstur kulit yang tebal dengan pori-pori yang besar hingga mudah menyerap debu dan kotoran. Bila hal ini dibiarkan, kotoran, debu dan sisa riasan sudah pasti akan tumpang tindih menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat. Jika perawatan tetap tak jua dilakukan, maka timbulnya bintik-bintik hitam sudah pasti tak bisa dihindari.

Perawatan untuk kulit berminyak ini terdiri dari menjaga kebersihan kulit wajah dan mengurangi kelebihan minyak
Membersihkan kulit wajah
Lakukan dua kali sehari yaitu sebelum merias wajah dan sebelum tidur. Pertama, gunakan Pembersih Sekar Sari Jeruk yang mengandung ekstrak jeruk nipis. Selain efektif membersihkan kotoran dan sisa riasan juga dapat membantu menetralisir kelebihan minyak/sebum. Kemudian lanjutkan dengan Sabun Terawang Sari Tanjung yang mengandung ekstrak Hammamelis yang mampu menjaga keseimbangan kadar minyak/sebum pada kulit wajah. Sempurnakan dengan Penyegar Sekar Sari Jeruk sebagai peringkas pori-pori.

Mengurangi kelebihan minyak
Cara ini bisa ditempuh dengan facial seminggu sekali.

  • Setelah wajah dibersihkan oleskan Krem Penghalus Wajah (scrub cream), kemudian lakukan masase dengan gerakan rotasi selama 1-2 menit. Angkat krem dengan waslap/spon lembab hingga bersih. Krem ini terbuat dari biji buah-buahan yang berfungsi sebagai peeling dan berguna untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati.
  • Kemudian, oleskan Krem Urut Citroen yang mengandung vitamin A, E dan ekstrak jeruk pada wajah, lakukan masase rotasi selama 10 menit. Biarkan sesaat kemudian angkat dengan waslap/spon lembab yang hangat hingga bersih. Bila kulit Anda berjerawat lewati tahap ini dan lanjutkan ke tahap penguapan.
  • Penguapan: siapkan wadah (baskom) dan isi dengan 2 liter air panas, masukkan Rempah Uap kemudian uapi wajah dengan cara menundukan kepala ke arah baskom dan menutupnya dengan handuk. Ulangi beberapa kali kemudian keringkan sisa uap dengan tisu. Rempah uap yang diramu dari rempah-rempah bermanfaat ini dapat membantu memacu peredaran darah, mengurangi jerawat dan memberi kesegaran pada kulit wajah.
  • Lanjutkan dengan mengoleskan Krem Masker Bidara Laut secara merata pada wajah dan leher. Biarkan hingga kering, angkat masker dengan waslap/spon lembab hingga bersih. Krem masker ini mengandung ekstrak bidara laut dan asam jawa yang selain bermanfaat merawat kekencangan kulit wajah juga dapat meringkaskan pori-pori.
  • Segarkan wajah dengan Penyegar Sekar Sari Jeruk.
Imbangi perawatan luar dengan menghindari makanan-makanan berlemak. Gunakan pelembab dan dasar tata rias yang bebas minyak.

Perawatan ini dapat membuat kondisi kulit wajah tetap sehat, memiliki keseimbangan minyak/sebum dan membuat pori-pori yang lebih kecil. (Femina)