Perkebunan Karet Skala Kecil Cepat Panen

Karet alam merupakan komoditas perkebunan andalan ekspor Indonesia. Sayang produktivitas karet alam Indonesia masih kalah jauh dengan negara tetangga (Thailand, Malaysia dan India). Oleh karena itu, perlu ada upaya-upaya yang jitu terkait seputar perkaretan. Tidak hanya mengandalkan ekspansi perluasan lahan saja, tapi aspek lainnya perlu dperhatikan dan diterapkan seperti teknis intensifikasi budidaya, pengolahan lateks bermutu tinggi sampai dengan aspek pemasaran.
Perkebunan Karet Skala Kecil Cepat Panen
Thailand bisa mencatat rata-rata produktivitas karet alam 1,8 ton/ha/tahun dengan luasan lahan yang terbatas. Indonesia perlu mengikuti jejak negara gajah putih untuk meningkatkan produktivitas karet alam yang lebih tinggi dari negara jiran tersebut, tentunya dengan tidak melakukan ekspansi lahan baru. Buku ini memberi perhatian yang banyak tentang bertanam karet di lahan terbatas. Terutama pada perkebunan  rakyat dengan penerapan prinsip-prinsip agroforestry. Tujuannya, kesejahteraan petani tetap terjaga dan semakin meningkat dari waktu ke waktu.


Buku ini tak luput dengan kekurangan-kekurangan. Oleh karena itu, masukan dan kritik sangat kami harapkan dari para pembaca dan pemerhati agrikultur. Dengan demikian, kami bisa melakukan perbaikan-perbaikan secara terus-menerus materi buku ini sesuai dengan perkembangan termutakhir budidaya karet.

Sumber : Perkebunan Karet Skala Kecil Cepat Panen, ISBN: 9786021622179