Budidaya Ikan Arwana Super Red, Tips Mencerahkan Warna Sisik-sisik

Supaya tampilan ikan arwana benar-benar prima, diperlukan pengaturan pakan yang tepat. Untuk tujuan budidaya ikan arwana super red, faktor ini sangat penting mengingat berpengaruh pada nilai jualnya. Ada beberapa pilihan pakan yang bisa mencerahkan warna ikan arwana. Bisa berupa pakan alami atau pakan buatan. Hal yang terpenting dalam hal ini yaitu pengaturan pakan yang tepat. Bukan kuantitas pemberian pakan. Terkecuali untuk tujuan penggemukan tubuh.
Budidaya ikan arwana super red tips mencerahkan warna sisik
Warna sisik-sisiknya merah menyala
Untuk bisa menciptakan kecerahan warna sisik-sisik ikan, bisa diberikan pakan yang kandungan proteinnya tinggi, misalnya udang air tawar putih. Di dalam udang air tawar ini terkandung kadar protein sekitar 45% dan pigmen karoten berupa astaxanthin. Dari astaxanthin ini, warna sisik ikan yang merah, jingga dan kuning bisa tampil lebih cerah. Pemberian udang ini tidak menyertakan cangkang  yang terdapat di bagian kepalanya yang keras itu. Di dalam bagian kepala udang yang lunak itu terkandung pigmen karoten yang paling tinggi dibandingkan dengan bagian-bagian tubuh udang yang lain.

Tak melulu pakan alami yang bisa mencerahkan warna ikan arwana, pakan buatan pabrik pun bisa dipakai juga. Jenis pakan pabrikan yang bisa dipakai yaitu CR6. Jenis pakan CR6 ini berupa bubuk yang diencerkan dengan air biasa. Selanjutnya disuntik ke dalam tubuh jangkrik, kecoa atau pakan alami hidup lainnya. Patuhi aturan pakai dan dosis yang dianjurkan dalam kemasan pakan.

Pemberian pakan CR6 tidak boleh sampai berlebihan karena bisa merusak penampilan ikan arwana super red itu sendiri. Tanda kelebihan pakan CR6 yang muncul biasanya adanya warna merah di sekitar pipi dan mulut yang terlalu mencolok. Pada dasarnya, faktor genetik ikan arwana yang menentukan kecerahan warnanya. Ikan arwana super red yang tak memiliki riwayat genetik bagus dalam warna, tidak akan terpengaruh dengan pemberian pakan CR6 ini. Pemberian pakan pabrikan ini juga hanya bisa dilakukan untuk ikan-ikan arwana yang telah berukuran lebih dari 40 cm.

Dalam budidaya ikan arwana super red dengan tujuan pembesaran badan, pakan yang diberikan harus mengandung nutrisi dengan kadar lemak tinggi. Misalnya saja, pakan ulat sutera. Di dalam ulat sutera terkandung 29,75% lemak. Pakan alami lainnya yang terbukti bagus untuk pertumbuhan ikan arwana yaitu anakan ikan mas, anak kodok dan cacing darah (blood worm). Pakan alami cacing darah sangat baik untuk menunjang pertumbuhan ikan arwana.