Cagar Alam Pangandaran, Kaya Ragam Flora Fauna Eksotis

Cagar Alam Pangandaran menyimpan keanekaragam hayati yang tinggi dan dilindungi keberadaannya. Di sini, kita bisa menjumpai spot-spot menarik yang dimulai dari pantai, terumbu karang, pantai pasir putih, hutan lindung, savana, lokasi berkembang biak rusa, spot-spot gardu pandang dll. Panorama pantainya juga tak kalah eksotis. Terutama pada saat sunset tiba. Ratusan codot berterbangan dari dalam hutan yang memenuhi cakrawala, sekawanan rusa yang bersantai di tepi pantai merupakan pemandangan sehari-hari di sekitar pantai.
Cagar Alam Pangandaran, Kaya Ragam Flora Fauna Eksotis
Pantai Pangandaran
Lokasi Pangandaran berada di pantai selatan Pulau Jawa. Secara administratif masuk Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Sejak pendudukan Belanda, kawasan ini sudah ditetapkan sebagai Cagar Alam karena memiliki bentang alam yang unik dan kekayaan ragam hayati tinggi yang langka. Dulu, di sini ada banteng jawa. Sayang, sudah tak pernah dijumpai lagi. Sekarang, tergantikan dengan sapi bali yang diliarkan seperti halnya rusa. Flora yang unik di sini yaitu Raflesia padma atau bunga bangkai yang hidup di pedalaman vegetasi hutan dataran rendah.

Keindahan pantai dan terumbu karang di kawasan Cagar Alam Pangandaran benar-benar mempesona. Pada saat air laut surut, kita akan mudah menyaksikan beragam biota laut yang terjebak di antara cekungan-cekungan pantai. Ikan berwarna-warni dan biota lainnya yang beraneka ragam bentuk dan warna akan membuat betah berlama-lama bermain-main di pantai ini.

Fasilitas yang tersedia di sini sangat langkap. Mulai dari penginapan, restoran, akses jalan, moda transportasi, semuanya ada di sini. Bahkan moda transportasi udara juga tersedia. Dalam hal kuliner, di sini terdapat banyak deretan kedai yang menawarkan kuliner berbahan dasar hewan laut. Kita tinggal memilih kuliner sesuai selera.

Di kawasan Cagar Alam Pangandaran terdapat banyak gua-gua peninggalan Perang Dunia II. Goa-goa bentukan alam juga tak kalah menariknya. Goa-goa ini sering dijadikan sebagai secen sinteron laga atau sinetron bertema misteri. Kelengkapan fasilitas wisata di Pangandaran memang benar-benar memberi kenyamanan para wisatawan domestik maupun mancanegara. Selamat datang di Cagar Alam Pangandaran dan selamat menikmati apa yang tersaji.