7 Jenis Ikan Hias Gurami Cantik Yang Wajib Hiasi Akuarium Kita

Tujuh jenis ikan hias gurami cantik berikut ini memiliki banyak penggemar. Warnanya yang cerah-cerah, beragam corak, suka berenang berkelompok akan membuat semarak penghuni akuarium Anda. Gurami hias banyak ditemukan di sungai-sungai tropis. Sungai di kawasan Asia Selatan tercatat yang paling banyak ditemukan gurami hias. Sebut saja pearl gourami, dwarf gourami, moonlight gourami (Trichogaster microlepsis) dan blue gourami (Trichogaster trichopterus). Jenis terakhir ini banyak ditemui di sungai-sungai Pulau Sumatra.
7 Jenis Ikan Hias Gurami Cantik Yang Wajib Hiasi Akuarium Kita
Blue gourami yang banyak ditemui di sungai-sungai Sumatra
Semua jenis gurami hias yang baru saja disebutkan di atas mudah dipelihara dan ditangkarkan. Mereka bisa hidup di kisaran suhu air 18-30 derajat Celcius, pH 6-8,8 dan kesadahan 5-35 dH. Sampai-sampai ikan ini masih bisa bertahan hidup pada kondisi air yang kekurangan oksigen. Hal ini bisa saja terjadi karena ikan-ikan ini memiliki labirin di dekat kepala yang mampu menyimpan oksigen. Itulah mengapa jenis ikan ini disebut juga labirint fish.

Dalam hal pakan, jenis-jenis ikan hias gurami cantik tak banyak menuntut. Mereka menyukai jentik-jentik nyamuk, cacing sutra dan bloodworm. Ada beberapa jenis yang memiliki sifat temperamental seperti blue gourami. Jenis ini tak segan-segan mengejar jenis ikan lainnya yang masuk ke daerah teritorinya. Di akuarium, teritori blue gourami biasanya menempati bagian ujung bawah akuarium.

Berikut ini 7 jenis ikan hias gurami cantik yang bisa dijadikan penghuni akuarium Anda

  1. Blue gourami. Tubuhnya bercorak biru berupa spot-spot. Banyak ditemui di sungai-sungai Sumatra. Panjang tubuhnya bisa mencapai 12 cm.
  2. Silver gourami (Trichogaster microlepsis). Warna tubuhnya perak solid bak mutiara. Jenis gurami hias ini banyak ditemui di sungai-sungai India dan Bangladesh. Panjangnya bisa mencapai 8 cm.
  3. Gold gourami. Hasil persilangan antara jenis blue dan golden honey. Sekujur tubuhnya berwarna emas. Saat terkena sinar matahari akan tampak bersinar. Beberapa ikan ditemukan memiliki spot-spot emas di sirip yang berwarna emas.
  4. Pearl gourami. Corak butiran mutiara pada jenis gurami ini sangat banyak. Hampir ada di seluruh tubuh ikan ini dan tampak jelas tegas. Warna dasar tubuh ikan perak yang dihiasi garis hitam memanjang dari insang hingga pangkal ekor. Panjangnya bisa mencapai 10 cm.
  5. Red spot gourami. Tubuh ikan ini dibaluti spot-spot mirip bangun segi empat berwarna merah dengan warna dasar tubuh putih. Jenis gurami hias yang jarang ditemui.
  6. Red flame gourami. Setengah tubuhnya sampai dengan ekor berwarna merah seperti nyala api. Setengah tubuh sisanya didominasi warna putih. Panjangnya hanya 4 cm. Terkecil di antara jenis-jenis lainnya.
  7. Thicklip gourami. Guratan-guratan biru mendominasi bagian tubuhnya dengan warna dasar merah. Warna birunya tampak pekat di bagian ujung sirip punggung dan ekor.


Tujuh jenis ikan hias gurami cantik di atas sangat cocok menghuni akuarium Anda. Saat berenang bergerombol, warna-warna cerah mereka akan membuat akuarium tampak semarak dan ramai. Selamat berburu koleksi.