Tips Membuat Taman Rumah Di Bawah Naungan Pohon

Tips membuat taman rumah di bawah naungan pohon yang tetap indah dan cantik. Syaratnya, tahu jenis-jenis tanaman yang hidupnya cocok di bawah naungan dan tahu di mana akan ditanam sesuai jatuhnya sinar matahari ke area taman. Selain itu, diperlukan elemen-elemen keras taman seperti bebatuan, aksesori taman bisa menambah keindahan taman. Paduan yang apik antara pohon besar yang rindang dengan taman di bawahnya akan membuat suasana sejuk dan asri di sekitar rumah kita.

Pohon berbuah biasanya sangat sayang ditebang. Apalagi pohon itu telah diketahui bisa berbuah lebat dan enak rasanya. Namun, hasrat membuat taman tak terbendung sehingga perlu ada suatu cara yang bisa mengkombinasikan keduanya agar bisa saling berpadu apik. Pohon buah tetap dipertahankan, keindahan taman bisa ternikmati. Bagiaman caranya?
Tips membuat taman rumah di bawah naungan pohon
Taman sederhana di bawah naungan pohon mangga
Tips membuat taman rumah di bawah naungan pohon
  1. Pemangkasan tajuk pohon buah secara rutin. Pemangkasan akan merangsang pembungaan, area tanah terkena sinar matahari sehingga bisa membasmi hama penyakit.
  2. Gemburkan tanam di sekitar pohon supaya pH tanah naik dan memperbaiki sifat fisika tanah.
  3. Tambahkan tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1. Beri dolomite atau kapur pertanian supaya pH tanah naik. Biarkan media tanam ini selama 10 hari supaya oksigen bisa masuk ke dalam media.
  4. Buat desain taman rumah. masukkan ke dalamnya berbagai elemen taman seperti hard scape, soft scape dan aksesori taman yang dibutuhkan. Bila desain taman menghadirkan kolam, bagian kolam ini yang harus dibangun terlebih dahulu.
  5. Perhatian drainase taman. Arahkan air yang berasal dari hujan bisa terbuang sempurna ke arah pembuangan. Bagian-bagian saluran pembuangan air harus bermedia yang bersifat porous tinggi supaya air mudah meresap dan mengalir ke saluran pembuangan air.
  6. Pilih jenis-jenis tanaman hias yang tahan terhadap naungan seperti pakis tiang, pandan bali, dracaena tricolor, cordyline, palem waregu, kedondong laut (polyscias) dan palem chamaedora. Tanaman yang bersosok pendek bisa dipih dari jenis philodendron, xanadu, dieffenbachia, aglaonema, bromelia, pakis kelabang, palisota dan lili brazil. Jenis tanaman penutup tanah dipilih dari jenis-jenis marantha, krisdoren dan alang hijau. Tanaman berdaun cerah, antara lain; aglaonema, bromelia, marantha.
  7. Aturlah berbagai jenis tanaman hias tersebut dengan komposisi yang harmonis dan asri mulai dari tanaman penutup tanah, tanaman hias pendek hingga tanaman yang tinggi.
  8. Untuk perawatan taman di bawah naungan pohon memang membutuhkan ketelatenan yang tinggi. Pahami masing-masing sifat jenis-jenis tanaman. Terutama kebutuhan airnya, pupuk, dan kebutuhan intensitas sinar matahari. Penggemburan tanah dilakukan setahun sekali supaya tanah tidak padat dan drainase taman lancar. Lakukan juga pemangkasan tajuk pohon secara rutin.


Dengan menerapkan tips membuat taman rumah di bawah naungan pohon di atas, kita bisa mendapatkan dua manfaat besar yaitu menikmati keindahan taman dan masih bisa menikmati panen buah dari pohon buah yang menaungi taman tersebut.