Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung Merawang Pedaging Sekaligus Petelur

Tak banyak peluang usaha ternak ayam kampung yang digeluti oleh peternak untuk menghasilkan pedaging sekaligus telurnya. Biasanya, para peternak fokus pada salah satu produksi. Entah itu ayam pedaging atau telurnya saja. Seandainya melakukan kedua-duanya, hasilnya sering mengecewakan. Namun, ada kabar gembira bagi peternak yang ingin mendapatkan hasil daging dan telur dengan maksimal, yaitu beternak ayam merawang.
Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung Merawang Pedaging Sekaligus Petelur
Ayam merawang
Ayam kampung merawang berasal dari kepulauan Bangka Belitung. Tumbuh kembang ayam ini terbilang cepat bila dibandingkan dengan ayam kampung lain-lainnya. Dengan pemeliharaan intensif selama 3 bulan, sudah berbobot 1-1,2 kg. Berselisih jauh dengan ayam kampung biasa yang hanya 8 ons dengan lama pemeliharaan yang sama. Keunggulan lainnya, produktivitas telurnya 125 butir/tahun. Dua kali lipat banyaknya dari produktivitas ayam kampung biasa yang hanya 60 butir/tahun.
Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung Merawang Pedaging Sekaligus Petelur
Kandang ayam petelur
Peluang usaha ternak ayam kampung merwang sebagai petelur sangat menjanjikan karena pada umur 5,5 bulan, ayam ini sudah mulai bertelur. Dalam 1 unit kandang, bisa 60-70% induk betina bertelur secara serempak. Ayam ini memiliki sifat mengerami dan mengasuh. Untuk menghilangkan sifat keibuan ini, induk betina ayam ini tidak boleh sampai melihat telurnya di sarang. Konstruksi kandang sebaiknya terbuka sehingga sinar matahari leluasa masuk. Hal ini dimaksudkan supaya sifat mengerami akibat ruangan gelap tidak muncul. Dengan perlakuan teknis seperti ini, produktivitas telur 125 butir/tahun bisa tercapai.

Tiap 14 hari, ayam kampung merawang bisa bertelur. Puncak produksi telur akan terjadi pada saat ayam masuk tahun ke-2. Setelah itu, tahun-tahun berikutnya akan menurun. Penurunan produksi tiap tahun biasany sekitar 15-20%. Produktivitas telur benar-benar berhenti setelah ayam kampung merawang berumur di atas 5 tahun.

Setelah produktivitas telur memang sangat sedikit, sudah saatnya dijual sebagai ayam pedaging. Untuk tujuan menghasilkan ayam merawang pedaging, dipanen pada umur 3 bulan. Pada saat umur itu, tekstur dagingnya lembut, empuk, sedikit berserat, gurih, warna daging putih kemerahan, dan memiliki aroma yang khas. Bobotnya untuk yang betina 1 kg, yang jantan 1,2 kg.

Kendala yang mungkin dihadapi dari peluang usaha ternak ayam kampung merawang yaitu pakannya yang boros. Untuk memperoleh bobot 1 kg ayam dibutuhkan 3 kg pakan. Perilaku ayam yang gesit dan lincah membuat ia butuh energi yang banyak. Pemberian pakan voer bisa dilakukan 2 kali sehari. Ramuan pakan terdiri dari campuran jagung, dedak, bungkil kedelai, bungkil kelapa sawit, tepung ikan, kalsium karbonat dan garam. Ramuan pakan seperti ini bisa menghemat biaya pakan.

Ayam kampung merawang lebih tahan penyakit tetelo. Pencegahan segala macam penyakit bisa dilakukan dengan pemberian ramuan bawang putih, kunyit, kencur, jahe, temulawak dan sambiloto. Perilaku ayam yang kalem membuat sifat kanibalisme jarang terjadi. Kepadatan kandang yang diperkenankan supaya tumbuh kembangnya optimal 5 ekor/m2. Sedangkan untuk tujuan produksi telur, kepadatan dalam satu kandang memakai perbandingan 1 jantan, 8 betina. Pejantan ayam kampung merawang memang doyan kawin sehingga mampu mengawini betina sebanyak itu.


Peluang usaha ternak ayam kampung merawang sebagai pedaging dan petelur memiliki prospek tinggi ke depannya. Apalagi melihat sifat-sifat ayam dan kemampuan produktivitasnya yang unggul tersebut. Sosoknya yang mirip ayam nunukan; tubuh gempal, kaki kuning, pendek dan kokoh menjadi pilihan tepat beternak untuk Anda.

 BELI