Kelapa Muda Bakar atau Rebus, Segar dan Kaya Khasiat

Kadar kemanisan kelapa muda bakar atau rebus akan meningkat 1-2% brix. Kelapa bakar mengeluarkan aroma wangi yang lebih kuat daripada yang direbus. Daging buah mudah dikelupas, hanya ditarik dengan jari tanpa perlu pakai sendok. Tekstur daging menjadi lebih lembut, empuk, gurih dan beraroma khas. Ingin mencobanya?
Kelapa bakar, segar dan berkhasiat
Kelapa rebus
Untuk membuat kelapa rebus, pilih kelapa yang bentuknya bulat, agak gepeng, dan pendek. Kelapa dengan ciri-ciri seperti ini biasanya terasa manis dan wangi. Selanjutnya dikupas kulitnya hingga yang tersisa batoknya. Seluruh permukaan batok disikat sampai terlihat mulus dan bersih.

Selanjutnya, kelapa direndam ke dalam larutan pemutih (tentunya harus aman bagi manusia) selama 5-10 menit. Dosis larutan 0,5 kg/20 liter air. Lalu direbus selama 45 menit untuk batok berukuran besar (diameter 11-15 cm), atau 25 menit untuk batok kecil (diameter 7-9 cm). Setelah itu didinginkan. Bakar kelapa rebus ini sampai bagian mata yang berjumlah 3 itu kering. Bagian mata ini yang paling rentan terhadap pembusukan.

Kelapa bakar
Untuk membuat kelapa bakar tidak perlu dikupas. Buat lubang di dalam tanah dengan ukuran 1,5 m x 1,5 m x 1,5 m. Bagian alasnya diberi lapisan sabut kelapa setebal 0,5 meter. Lalu dibakar. Bila telah membara, baru kelapa dimasukkan dalam keadaan utuh. Atur bara-bara api dengan cara dibolak balik atau diratakan supaya panasnya merata.

Lama pembakaran butuh waktu sekitar 1,5 jam. Selanjutnya kelapa bakar diangkat dan didinginkan. Setelah agak dingin, kupaslah dengan arah vertikal dan bertahap sesuai arah serat. Langkah terakhir, bersihkan dengan mesin kupas.

Kelapa bakar memang membutuhkan proses yang agak lama dan cenderung kotor saat pemrosesan berlangsung. Namun, hasilnya memiliki kelebihan dalam hal kegurihan, kemanisan dan aroma wangi yang menguar dari daging kelapa. Sangat cocok sebagai campuran kolak atau ketan dalam bambu yang dipanggang. Kelapa bakar bisa disimpan selama 1 bulan dengan ruang penyimpanan bersuhu 2-3 derajat Celcius. Bila kelapa dingin akan dikonsumsi, hangatkan dulu di dalam oven supaya rasa gurih, manis dan aroma wanginya muncul.

Kelapa muda bakar dan rebus memilik khasiat sebagai obat. Terutama bagi penderita asam urat, hipertensi, batu ginjal sampai menghancurkan lemak. Jadi, selain enak rasanya, kita juga memperoleh manfaat yang banyak dari olahan kelapa ini.