Tabulampot Rambutan Plastik Yang Cantik dan Menggoda

Tabulampot rambutan plastik memiliki keunggulan pada tampilannya yang cantik menggoda dari warna buahnya yang merah mengkilap. Buahnya juga lebat dan mudah berbuah. Sangat cocok sebagai penghias halaman rumah Anda.
Rambutan plastik yang tiap tangkai bisa berisi sampai 25 buah
Tanaman yang berasal dari perbanyakan okulasi akan mulai berbuah saat berumur 1 tahun setelah tanam. Ia memang cepat berbuah, mudah berbuah dan tampilannya yang menarik itulah menjadi daya tarik utama sebagai tabulampot. Dibandingkan dengan jenis rambutan lain yang biasanya hanya berbuah 1 tangkai dan digelayuti 3-10 buah saja.

Tabulampot rambutan plastik memiliki kulit dengan warna merah mengkilap layaknya plastik. Buah berukuran kecil sebesar telur ayam kampung dan berbentuk lonjong. Rambut-rambutnya pendek dan plontos. Buah dengan kondisi seperti ini yang membuat semut-semut enggan berkerumun di buah rambutan seperti. Hal ini yang membuat buah rambutan plastik tampak selalu bersih.

Buah berasa manis sedikit masam. Saat matang, kadar air dalam buah banyak sehingga terasa segar. Bila saat masih kuning, daging buah malah agak kering dengan rasa yang manis. Masa buah panen rambutan plastik sekitar bulan Februari sampai Maret.

Daging buah berketebalan 0,5-0,7 mm. Tentu saja dengan ketebalan seperti ini masih kalah dengan daging buah dari varietas binjai, lebak bulus, garuda yang bisa berketebalan sampai 0,7-10 mm. Daging buah rambutan plastik mengelotok, terlepas dari kulit biji sehingga mudah disantap. Biji kecil dengan lebar 1 cm dan panjang 2 cm.

Tabulampot rambutan plastik ini bisa berbuah lebat. Kadang harus ditopang dahan-dahannya agar tak sampai patah. Setiap tangkainya bisa berisi minimal 25 buah. Hampir semua ujung tangkai bisa menghasilkan buah. Tajuk pohon berbentuk payung lebar menjuntai.