Gandarusa Pemulih Kaki Lemah Akibat Stroke

Gandarusa (Justicia gandarusa) berkhasiat mengurangi rasa sakit (analgetik), rematik arthtritis, bengkak pada sakit gigi, dan pemulih kaki lemah karena stroke. Khasiat herbal ini akan semakin kuat bila ditambah dengan bahan-bahan herbal lainnya seperti kecubung wulung, kencur dan jahe.
Gandarusa (Justicia gandarusa)
Sosok tanaman gandarusa berupa perdu berumpun. Tanaman ini masuk famili Acanthaceae atau jeruju-jerujuan. Ia mudah tumbuh di berbagai habitat sehingga bisa dengan mudah ditemukan di berbagai daerah. Bahkan, pada ketinggian 1.500 m dpl masih bisa ditemukan jenis tanaman ini. Berdasarkan warna batangnya, ditemukan ada dua jenis yaitu jenis gandarusa berbatang hijau dan gandarusa berbatang hitam. Kedua jenis tanaman tersebut sama-sama memiliki khasiat sebagai obat.

Sebagai ramuan obat, gandarusa berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit. Bersama dengan daun tanaman kecubung wulung, khasiatnya akan semakin diperkuat. Daun gandarusa juga bisa mengobati bengkak yang terjadi pada gusi. Senyawa aktif yang berkhasiat mengurangi rasa sakit ini berasal dari riboflavin. Senyawa tersebut bersifat mendinginkan dan mengurangi rasa sakit. Untuk memperlancar peredaran darah dibantu dengan kencur atau jahe. Setelah rasa sakit reda, peredaran darah pun lancar kembali.

Ramuan gandarusa pemulih kaki lemah akibat stroke
Bahan
Daun gandarusa                       30 lembar
Daun kecubung wulung             3 lembar
Kencur                                     7 biji
Jahe emprit                               3 jari
Beras                                        1/2 gelas

Cara membuat
Beras direndam selama 1 jam, selanjutnya ditumbuk bersama dengan bahan lain sampai lembut sehingga berbentuk pasta. Balurkan pasta ini ke bagian yang sakit.

Stroke disebabkan oleh adanya penyumbatan pembuluh darah otak, tekanan darah tinggi, diabetes dan kolesterol. Bila stroke sedang melanda, harus segera ditangani karena bisa berakibat pada kelumpuhan. Hal ini yang menyebabkan bagian-bagian tubuh tertentu terasa lemah seperti tangan, kaki dan bagian-bagian lainnya. Ramuan gandarusa pemulih kaki lemah di atas bisa dipakai sebagai alternatif pengobatan. Resep di atas diambil dari SP3T, RS. Bethesda, Yogyakarta asuhan R. Broto Sudibyo