3 Jenis Tanaman Bambu Hias Semarakkan Taman

3 jenis tanaman bambu hias berikut ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai elemen taman. Kehadirannya akan membuat soft pada elemen keras taman seperti dinding pagar atau tembok yang kaku. Pada jenis bambu tertentu bisa dibuat elemen tanaman tersendiri sebagai pusat perhatian taman. Bentuknya yang mirip sapu terbalik akan membuat tertarik siapa saja yang memandangnya.
3 Jenis Tanaman Bambu Hias Semarakkan Taman
Bambu kuning, batangnya berwarna kuning keemasan
Bambu kuning (Phyllostachis sulphurea)
Jenis bambu ini memiliki warna buluh kuning emas yang indah. Warna inilah yang memperkaya nuansa taman lebih semarak. Cabang-cabangnya muncul pada ruas-ruas bagian atas yang membuat warna emas batangnya tampak lebih nyata. Sangat menarik bila ditanam berderetan sebagai pengarah jalan, pagar dan sisi dinding tembok atau juga sebagai penghubung antara satu gedung ke gedung lain. Nama lain bambu ini yaitu yellow running bamboo atau moso bamboo. Jenis bambu ini berasal dari Cina dan Jepang. Tinggi tanaman bisa mencapai 4-9 m dan diameter buluh 5-8 cm. Panjang daun sekitar 12 cm dengan lebar sekitar 2 cm.

Bambu pagar (Bambusa glaucescens)
Disebut bambu pagar karena jenis ini memang dimanfaatkan sebagai pagar hidup. Rumpun tanaman tumbuh rapat dengan daun yang relatif kecil sehingga bagian atasnya bisa dipangkas rata. Ruas-ruas batang pendek dan berwarna hijau. Ada jenis lain yang biasa dipakai sebagai pagar hidup di daerah pegunungan, yaitu bambu uncue (Phyllostachys aurea). Jenis bambu ini berasal dari Jepang. Satu jenis tanaman bambu hias ini ada yang batangnya berwarna kuning yang biasa dipakai untuk membuat tongkat, tangkai payung, rak buku dan tempat surat kabar.

Bambu sian (Thyrsostachys siamensis)
Jenis bambu ini berasal dari Thailand. Rebungnya bisa disayur. Rumpun bambu sangat padat, ukuran daun kecil-kecil dan banyak sehingga bisa dibentuk. Biasanya dibuat bentuk tajuk seperti payung. Batang berwarna hijau keputih-putihan, ramping dan tegak. Biasanya ditanam di sisi dinding tembok untuk melunakan kesan keras dan kaku tembok. Bisa ditanam berderet maupun berkelompok. Selain sebagai elemen taman, ia juga berfungsi sebagai penghalang angin dan peredam suara. Tinggi tanaman bisa mencapai 7-12 m dengan diameter 2-7 cm dan panjang ruas-ruas sekitar 15 cm. Cabang-cabang muncul pada buku bagian atas yang diselimuti miang berwarna putih.

3 jenis tanaman bambu hias di atas sudah populer di kalangan pecinta tanaman hiasa dan ahli taman. Bambu bisa berperan sebagai penahan erosi yang handal, penjernih air tanah dan peredam getaran maupun bunyi-bunyian. Dengan demikian, bambu sangat cocok ditanam di dekat-dekat sungai, jalan raya dan rel kereta api.