Percepat Tumbuh Bibit Buah Manggis Berkat Sang Cendawan

Ini adalah cara mempercepat pertumbuhan bibit buah manggis yang terbukti paling efektif untuk saat ini. Dengan aplikasi Cendawan Mikoriza Arbuzkula (CMA) bisa dihasilkan bibit setinggi 30 cm dalam waktu 19 bulan. Bandingkan dengan cara yang biasa saja, untuk mencapai tinggi 15 cm butuh waktu 2 tahun.
Percepat Tumbuh Bibit Buah Manggis Berkat Sang Cendawan
Semaian bibit buah manggis
Pada perakaran tanaman manggis memang tak memiliki bulu-bulu halus sehingga penyerapan hara dan airnya terbatas. Hal ini yang mengakibatkan nutrisi yang terserap menjadi minim dan pertumbuhannya pun terlambat. Untuk itulah diperlukan bantuan untuk bisa melancarkan penyerapan nutrisi. Caranya dengan pemberian CMA ini.

Cara mempercepat pertumbuhan bibit buah manggis dengan pemberian spora CMA di sekitar perakarannya. Selanjutnya, bibit manggis ditanam ke dalam pot berisi pasir dan tanah steril dengan perbandingan 1:1. Letakkan bibit di bawah naungan hingga pertumbuhannya sempurna.

Spora-spora akan berkecambah membentuk hifa-hifa di sekitar akar. Hifa-hifa tumbuh melebar melebihi jangkauan akar. Mereka berperan layaknya perpanjangan akar untuk menyerap nutrisi dan hara di sekitar tanaman. Dengan demikian, nutrisi yang terserap akan lebih banyak sehingga pertumbuhan bibit menjadi lebih cepat.