Merancang Akuarium Terumbu Karang Tampil Cantik

Merancang akuarium terumbu karang tampil cantik memang harus memiliki rasa seni bak pelukis aliran Mooi indie. Semua inspirasi yang datang tertumpah ke obyek karya yang sedang digarap. Menata terumbu karang supaya tampil mempesona dan indah memang perlu kepiawaian tersendiri. Yang perlu diperhatikan, ada rasa sense dan memperhatikan ekosistem terumbu karang di dalam akuarium berfungsi dengan baik dan sehat.
Merancang Akuarium Terumbu Karang Tampil Cantik
Penataan yang apik terumbu karang di akuarium akan tampilkan keindahan bak lukisan
Kehidupan terumbu karang memiliki karakteristik kehidupan khas yang harus diperlakukan semirip mungkin di habitat aslinya. Karakteristik kehidupan khas yang dimaksud dalam hal ini, antara lain: kepekaan terhadap sinar matahari, kekuatan terhadap arus, daya racun dan predator. Untuk terumbuh-terumbu karang yang akan dimasukkan ke dalam akuarium harus yang sudah diadaptasikan terlebih dahulu dengan kondisi lingkungan air akuarium. Jangan terumbu karang yang baru saja diambil dari laut.

Supaya merancang akuarium terumbu karang tampil cantik dan penuh pesona, perhatikan betul-betul penataan karang keras dan karang lunak layaknya sebuah lansekap pemandangan alam. Poin-poin yang perlu diperhatikan, antara lain: memberi bagian tempat lapang, susun karang-karang dimulai dari tengah hingga ke pinggir dan berdekatan dengan permukaan air, untuk jenis-jenis karang predator ditempatkan di area khusus sehingga mudah mendapatkan mangsa, pemberian aditif, ciptakan arus sedang, perhatikan secara khusus karang lunak berpolip dan berkarakter unik.

Memberi tempat lapang pada dasar akuarium
Tempat lapang di bagian sisi depan akan memudahkan ikan-ikan terlihat. Dasar akuarium berisi pasir putih sehingga tampak cerah warnanya. Ketebalan lapisan pasir cukup 10 cm supaya karang-karang mati maupun hidup bisa tertanam dengan baik. Susunan karang bisa menempati akuarium hingga seperempat ruangannya.

Penyusunan karang-karang dimulai dari tengah
Sebagian besar spesies-spesies terumbu karang memerlukan sinar matahari untuk proses fotosintesis. Oleh karena itu, penataan terumbu karang sebaiknya dimulai dari tengah terus berlanjut ke pinggir hingga sampai ke dekat permukaan air. Penataan seperti ini akan membuat jumlah terumbu karang yang diletakkan menjadi banyak. Semua terumbu karang-karang ini juga akan memperoleh cahaya matahari yang cukup sama besarnya.

Perlakuan khusus untuk spesies-spesies terumbu karang predator
Spesies-spesies terumbu karang yang bersifat predator biasanya berwarna cerah-cerah.  Misalnya saja dari jenis Dendronephythya sp, Tubastrea sp. dll. Tempatkan spesies-spesies predator ini pada tempat berarus sedang supaya mudah memangsa plankton.

Pemberian aditif
Terumbu karang yang telah tersusun rapi di dalam akuarium perlu ditambahkan suplemen strontium dan iodium. Strontium dibutuhkan supaya koral berkerangka seperti dari jenis kolang kaling Plerogyra sinuosa, karang kuku Euphyllia ancora, karang otak Tracyphylla  bisa bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama. Untuk karang-karang lunak seperti karang cabe, seroja merah Dendronephtya, payungan Sarcophyo, jamur-jamuran, sponge, polip dan akar bahar perlu diberi iodid.

Pilih air akuarium berarus sedang
Akuarium berarus sedang akan membuat ekosistem akuarium mirip dengan habitat aslinya. Spesies pagoda Turbinaria sp dan babut Euphyllia divisa menyukai kondisi air akuarium berarus sedang.

Karakter unik karang-karang lunak
Jangan heran kalau pelihara jenis karang piring Heliofungia yang tiba-tiba tak tampak. Ia bisa berpindah tempat sesukanya. Demikian pula dengan jenis anemon pantat merah Heteractis mangifera yang bisa berjalan-jalan.

Merancang akuarium terumbu karang tampil cantik memang sedikit ribet karena harus memadukan unsur seni dan pengetahuan yang cukup sifat-sifat ekologisnya. Namun, bila kita mampu menciptakan kondisi akuarium terumbu karang yang tampil indah dan sehat, segala kerumitannya itu terbayar sudah. Selamat mencoba.