Cara Cepat Membuahkan Tabulampot Dengan Pupuk Daun

Pemakaian pupuk daun merupakan salah satu cara cepat membuahkan tabulampot. Cara konvensional, biasanya upuk diberikan ke media yang selanjutnya akan diserap oleh akar dan didistribusikan merata ke seluruh jaringan tanaman seperti batang, cabang dan daun. Di daun inilah hara akan dimasak bersama karbondioksida melalui proses fotosintesa yang hasilnya berupa gula dan oksigen. Dengan penyemprotan pupuk daun langsung ke daun-daun akan mempersingkat perjalanan hara ke dapur pengolahannya.
Cara Cepat Membuahkan Tabulampot Dengan Pupuk Daun
Buah lebat berkat pupuk daun
Efek yang segera terlihat yaitu tanaman lebih cepat bongsor. Penyemprotan pupuk daun dengan kadar nitrogen tinggi akan mempercepat kemunculan tunas-tunas baru dalam hitungan minggu saja. Penyemprotan pupuk daun dengan kadar fosfor tinggi akan mempercepat rangsangan pembungaan. Pada saat tanaman sakit karena kekurangan hara, proses pemulihan lebih singkat. Pemakaian pupuk daun juga akan mengurangi kelelahan akar dalam penyerapan unsur-unsur hara.

Ada trik yang harus diperhatikan saat menerapkan cara cepat membuahkan tabulampot seperti ini. Yaitu gunakan beberapa pupuk daun dengan merek yang bervariasi dan pemberiannya dilakukan secara bergantian. Hal ini untuk mengantisipasi kebutuhan unsur-unsur hara kelompok mikro sulit diukur secara tepat. Penggunaan beragam merek pupuk daun, diharapkan bisa saling melengkapi kebutuhan unsur-unsur hara mikro bagi tabulampot.

Merek-merek pupuk daun yang sudah beredar di pasaran, antara lain: Hyponex, Growmore, Vitabloom, Dekastar dan Molifert. Frekuensi penyemprotan tiap 7-10 hari sekali dengan dosis sesuai yang tertera pada label. Aturan pemberiannya sebagai berikut: pada fase pertumbuhan vegetatif dipilih pupuk daun dengan kandungan nitrogen tinggi. Jelang tabulampot masuk masa berbunga, ganti dengan pupuk daun berkadar fosfor dan kalium tinggi. Penyemprotan dilakukan ke seluruh bagian tanaman. Terutama pada bagian bawah daun yang terdapat stomata. Bila setelah penyemprotan masih tersisa, pupuk daun disiram ke media tanam. Pemberian zat perangsang tanaman seperti Novelgro, Auksin dan Rotone-F sangat bagus untuk menambah jumlah klorofil sehingga proses pemasakan lebih giat.

Supaya keberhasilan cara cepat membuahkan tabulampot ini tinggi, lakukan penyiraman dengan tepat. Pemberian air harus bisa ke seluruh bagian media. Lakukan penyiraman dengan cara pengguyuran menggunakan gembor yang merata ke sekeliling pot. Hentikan penyiraman bila ari tampak keluar dari pot. Terlalu berlebihan menyiram ari akan berdampak banyaknya hara yang terbuang sia-sia. Lakukan juga pemangkasan rutin pada tanaman untuk bagian-bagian tanaman yang tak produktif. Pemangkasan akan merangsang pembungaan.