Daun Sukun Sembuhkan Jantung Dan Lever

Rebusan daun sukun bisa sembuhkan jantung, ginjal, hepatitis, dan liver. Berita ini hasil dari pengobatan yang dilakukan oleh Klinik Obat Tradisional RS. Bethesda terhadap pasien penderita hepatitis setelah meminum rebusan daun sukun. Di tempat lain, seorang penderita jantung dan ginjal merasa lega setelah konsumsi rebusan daun sukun. Beberapa penyakit lain yang berhasil disembuhkan berkat daun sukun, antara lain: obat luar untuk bengkak limpa, memperlancar keluarnya urin (diuretik) dan kardiotonik.

Tanaman Artocarpus communis ini mengandung senyawa zantrosil yang bisa menetralisir SGPT (serum glutamic pyruvic transaminase) dan SGOT (serum glutamic oxaloacetic transaminase). Seluruh bagian tanaman mengandung senyawa-senyawa aktif yang bermanfaat untuk pengobatan, antara lain: tannin, riboflavin, hydrocyanic acid dan acetylcholine.

Daun sukun penyembuh jantung dan ginjal
Ambil daun yang sudah tua dan masih menempel di pohon. Daun seperti ini memiliki kandungan senyawa aktif yang khasiatnya sudah maksimal. Daun dicuci sampai bersih, lalu dikeringkan. Cara membuat obat herbal dengan mengambil satu helai daun, disobek-sobek menjadi potongan-potongan kecil dan direbus dengan 5 gelas air. Didihkan sampai airnya tersisa separuhnya. Setelah itu tambahkan air lagi sampai volumenya sama dengan 5 gelas air. Didihkan lagi, ramuan diangkat dan disaring. Air rebusan ini akan berwarna merah layaknya air teh. Air rebusan ini yang diminum setiap hari. Air ramuan ini harus habis dalam hari itu juga. Tidak bisa disisakan untuk keesokan harinya. Konsumsi ramuan ini sampai badan terasa lega dan urin lancar.

Daun sukun sebagai obat luar bengkak limpa
Cara pakai: daun tua diremas-remas dengan air, lalu dikompreskan langsung ke bagian perut. Hal yang perlu diingatkan bagi semua orang, khasiat ini bersifat kasuistik (artinya aplikasi ramuan obat herbal bisa saja menyembuhkan untuk seseorang, tapi untuk orang lain belum tentu hasilnya manjur). Selalu berkonsultasi dengan dokter tetap langkah yang terbaik untuk semua pengobatan.