Sembukan (Paederia scandens), Si Kentut Kaya Khasiat

Sembukan (Paederia scandens) terkenal dengan sebutan si kentut kaya khasiat. Kentut disematkan karena dari remasan daunnya menguar bau busuk yang menyengat. Namun, dibalik sebutan jelek itu, ia memiliki khasiat yang luar biasa, antara lain: mengatasi perut kembung, detoksifikasi, atasi leukopenia, diuretik, mukolitik, stomatik, ekspektoran, antipiretik, antibiotik dll.
Sembukan (Paederia scandens), Si Kentut Kaya Khasiat
Batang dan daun semubkan kaya khasiat
Sembukan merupakan herba merambat dan termasuk tanaman kosmopolitan. Ia mudah tumbuh di mana saja, baik di lapangan terbuka, di antara semak belukar atau di tebing-tebing. Beberapa penduduk menanamnya sebagai tanaman pagar. Orang-orang menyebutnya daun kentut karena bila daunnya diremas-remas akan mengeluarkan bau busuk. Nama daerah tanaman ini, antara lain: kahitutan (sunda), kesembukan (Jawa), Bintaos (Madura), Gumi siki (Ternate), Ji shi teng (Cina). Sedangkan nama dagangnya yaitu chinese fevervine herb.

Senyawa-senyawa aktif yang berkhasiat obat di dalam sembukan (Paederia scandens), antara lain: asperulisode, deasetilasperuloside, paederoside, scanderoside, asam paederosidik, arbutin, gamma sitosterol, asam oleanolik, dan minyak asiri.

Daun sembukan berasa manis, asam, dan memiliki afinitas ke meridian limpa, lambung, paru, dan hati. Khasiat yang sering dimanfaatkan yaitu memperkuat lambung dan memperbaiki fungsi pencernaan. Daun sembukan bermanfaat sebagai analgetik (menghilangkan rasa sakit), karminatif (peluruh kentut), diuretik (peluruh urin), mukolitik (peluruh dahak), stomatik (penambah nafsu makan), ekspektoran (menghentikan batuk), antipiretik (menghilangkan panas), antibiotik, antiradang, antiracun, serta memperlancar peredaran darah dan aliran energi.

Pemakaian herba sembukan (Paederia scandens) bisa sebagai obat luar maupun dikonsumsi. Untuk obat luar, misalnya: luka, borok, bisul, abses, bekas gigitan serangga, gigitan ular berbisa. Caranya, batang dan daun segar dicuci bersih, lalu digiling halus, selanjutnya tinggal dibubuhkan ke bagian yang luka.

Untuk dikonsumsi, ambil 15-60 gram batang dan daun kering, rebus ke dalam 3 gelas air sampai hanya tersisa 1 gelas. Air rebusan didinginkan, lalu disaring. Air rebusan herba sembukan siap dikonsumsi. Ampasnya masih bisa direbus satu kali lagi untuk diminum pada sore hari. Air rebusan ini bisa dipakai untuk mencuci luka atau eksim. Hal yang perlu diketahui, efek konsumsi air rebusan ini akan menimbulkan bau yang khas saat kita bernapas dan saat buang air kecil.