Tabulampot Plum Aussie 1 Tahun Sudah Berbuah

Satu tahun dipelihara, tabulampot plum aussie sudah berbuah lebat. Tak perlu pot berdiameter besar untuk membuahkannya. Saat masih pentil berwarna hijau, saat buah matang berwarna ungu. Sebagai tabulampot, ia akan mempercantik halaman rumah Anda. Berminat mengkoleksinya?
Tabulampot Plum Aussie 1 Tahun Sudah Berbuah
Buah plum aussie masih muda
Plum biasa disebut juga prem masuk dalam family Rosaceae. Genus prunus ini memiliki ciri khas pada bunganya yang keluar berkelompok 1-5 bersama-sama pada satu cabang. Buahnya berbentuk mirip apel, bulat, diameter 3 cm daging buah lunak dan juicy. Daging buah bertekstur lembut, berasa manis dan beraroma khas. Biji terletak di tengah-tengah bagian dalam buah dengan jumlah antara 5-7. Biji berbentuk bulat pipih.

Tabulampot plum aussie mudah dirawat. Ia mudah beradaptasi pada berbagai lingkungan sehingga dijuluki plum tropis. Ia tumbuh baik di dataran rendah sampai sedang. Pada daerah dengan curah hujan yang tinggi, ia masih bisa tumbuh dengan baik dan mampu berbuah. Plum yang berasal dari Australia ini disebut juga dengan sebutan queen garnet. Di tempat asalnya, buahnya bisa berukuran jumbo. Pemerintah Queensland Australia sendiri telah menghabiskan waktu 10 tahun lamanya untuk mengembangkan jenis prunus ini.

Tabulampot Plum Aussie 1 Tahun Sudah Berbuah
Sosok tanaman plum aussi
Ukuran pot yang dipakai untuk menanam sebaiknya yang berdiameter 60 cm. Media tanam yang dipakai berupa kompos, tanah dan sekam dengan perbandingan 1:1:1. Gunakan bibit dari hasil cangkokan yang tingginya 30-40 cm. Bibit ini akan segera berbuah setelah ditanam ke dalam pot. Pemupukan dilakukan tiap 3 bulan sekali menggunakan jenis pupuk NPK dengan kadar P dan K tinggi. Tabur atau benamkan pupuk ke dalam media tanam dengan dosis 3 sendok teh.  Perawatan selanjutnya, tinggal penyiraman secara rutin dan pembersihan gulma.


Tabulampot plum aussie bisa dinikmati kecantikan tanaman sekaligus buahnya. Saat buah-buah bergelayutan di antara tajuk-tajuk pohon, ia akan memancarkan daya tarik kepada siapa saja yang memandangnya. Saat buah matang, bisa dikonsumsi segar atau diolah menjadi jus.