Bumbu Instan Solusi Buat Orang Sibuk

Perkembangan zaman memang menuntut orang-orang saat ini untuk serba praktis dalam segala hal. Termasuk dalam hal masak memasak. Oleh karena itu, kebutuhan bumbu instan atau bumbu siap pakai merupakan solusi terbaik buat orang-orang sibuk. Kebutuhannya pun semakin meningkat dari waktu ke waktu. 

Saat ini, di pasar swalayan maupun online shop sudah tersedia bumbu-bumbu instan siap pakai untuk berbagai jenis masakan. Misalnya saja, bumbu kari, bumbu rawon, bumbu rendang, bumbu soto, bumbu frankfurter, bumbu bologna untuk membuat masakan khas Italia, bumbu nasi goreng, dll. Bahkan, Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di warung-warung atau lewat transaksi online.

Bumbu Instan Solusi Buat Orang Sibuk
Cabe bubuk dan kering siap pakai
Bumbu instan tersebut dikemas dalam suatu wadah yang tertutup rapat. Biasanya dalam bentuk sachet aluminium foil, botolan plastik atau gelas yang benar-benar rapat. Pengemasan seperti ini bertujuan untuk melindungi komponen-komponen aktif yang ada di dalam bumbu dari reaksi oksidasi karena adanya rangsangan kelembaban, panas, dan suhu.

Untuk menyimpan bumbu-bumbu instan agar tidak sampai berubah sifat-sifatnya, pilih ruang yang dingin, kering dan gelap. Tempatkan botol-botol berisi bumbu kering di ruang kabinet atau lemari penyimpan yang berdinding kaca supaya mudah terlihat karena bumbu-bumbu ini akan sering dipakai. Sedangkan untuk bumbu instan kemasan sachet hanya sekali pakai. Harus dihabiskan pada saat itu juga. Tidak boleh disimpan kembali karena akan terkontaminasi dengan udara luar yang nantinya akan terjadi reaksi oksidasi atau ketengikan.

Bumbu instan memang menjadi solusi bagi orang yang memiliki waktu terbatas karena kesibukan bekerja atau berkarir. Walaupun sudah tersedia bumbu-bumbu instan siap pakai, alangkah baiknya juga menyimpan rempah-rempah segar yang awet dalam kondisi tempat kering, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe, kunyit, daun salam, cabai bubuk, cengkeh, ketumbar, lada, pala, kayu manis bubuk, kapulaga dll.