Mencermati Tanggal Kadaluwarsa Produk Makanan

Tanggal kadaluwarsa merupakan jaminan bahwa sebelum waktu tersebut terlewati, berarti kita mendapatkan produk dengan mutu terjamin. Sebenarnya, bagi beberapa produk, tanggal kadaluwarsa bukanlah suatu parameter kritis. Bagi produk-produk yang tidak mengalami perubahan mutu secara drastis yang dapat membahayakan diri atau kesehatan, terlewatnya tanggal kadaluwarsa tidak akan memberi dampak yang gawat.
Mencermati Tanggal Kadaluwarsa Produk Makanan
Perhatikan label tanggal kadaluwarsa sebelum beli produk makanan seperti ini

Akan tetapi, tanggal kadaluwarsa sangat menentukan bagi produk-produk yang cepat sekali berubah dan mengalami kerusakan setelah masa simpan tertentu. Antara lain adalah produk-produk basah dari daging, ikan, susu, dan telur yang mudah busuk. Bisa pula produk-produk lain yang mengandung air dan lemak dengan kadar tinggi karena produk-produk makanan seperti ini mudah tengik atau mengalami kerusakan akibat oksidasi.

Untuk produk-produk yang berisiko tinggi mudah berubah sifatnya seperti yang disebutkan sebelumnya itu, sebaiknya jangan dikonsumsi bila tanggal kadaluwarsa yang tercantum telah terlewati. Apalagi produk-produk makanan yang jelas-jelas terlihat mengalami perubahan baik pada penampilan, rasa, maupun bau. Produk makanan atau minuman jenis ini memang mudah sekali terkontaminasi oleh mikroba-mikroba yang membahayakan bagi kesehatan tubuh. Di samping itu juga dapat menjadi denaturasi (perubahan) komponen-komponen yang terdapat di dalamnya yang bisa menyebabkan keracunan.

Pada produk-produk makanan kering atau kalengan (yang bahannya bukan berasal dari bahan basah), masih bisa ditolerir mengingat beberapa perusahaan sering memberikan tanggal kadaluwarsa jauh lebih pendek daripada umur simpan produk guna menjaga mutu produk tersebut tetap prima. Namun, bukan berarti semua produk akan terjaga mutunya selama waktu kadaluwarsanya belum terlewati.

Sering kita menjumpai bahwa suatu produk telah rusak atau berubah mutunya sebelum waktu kadaluwarsa. Ini dapat terjadi karena cara penyimpanan yang tidak tepat, atau karena kesalahan dalam penentuan umur simpan, atau dapat juga karena manipulasi produsen. Oleh karena itu, waktu kadaluwarsa bukanlah suatu jaminan yang mutu yang pasti. Namun, waktu kadaluwarsa adalah salah satu parameter yang dapat dijadikan acuan, tetapi perhatian terhadap perubahan karakteristik rasa, bau, dan penampakan janganlah terlupakan.

Satu lagi, khususnya di Indonesia kita harus lebih jeli dalam melihat waktu kadaluwarsa karena terkadang kita mendapatkan waktu kadaluwarsa yang ditetapkan untuk suatu produk yang tidak lazim. Misalnya, ketika Anda membeli produk makanan daging kalengan pada tahun 2015 dan tanggal kadaluwarsanya 2020, maka penetapan tanggal kadaluwarsa tersebut perlu diwaspadai. Sebab, tanggal kadaluwarsa produk daging kaleng tak lebih dari 4 tahun.