Mengenal Peranti Dapur

Peranti dapur tidak dapat dipisahkan dari kegiatan kita di dapur sehari-hari. Barangnya bermacam-macam. Untuk memudahkan kita mengisi atau menyingkirkan peranti dapur yang sudah tak terpakai lagi, dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu prahidang, hidangan, dan pascahidang.

Prahidang
Peranti dapur ini meliputi aneka pisau, alas pisau (talenan), alat pengukur seperti timbangan, gelas ukur, aneka macam panci, parutan, alat penghalus bumbu, saringan, ayakan, aneka macam cetakan kue, blender, pengaduk, bak cuci beserta sabunnya, sikat, dan sabut.
Peranti dapur penting yang perlu ada

Hidangan
Berupa peranti yang digunakan untuk mengolah bahan makanan mentah, antara lain: kompor gas, aneka macam panci, wajan, alat-alat penggoreng seperti serok dan sutil, dandang, oven.

Pascahidang
Masakan yang telah matang, perlu dihidangkan dengan penampilan yang menarik supaya bertambah berselera. Untuk itu diperlukan peranti sajian makanan yang cocok, antara lain: aneka bentuk mangkuk, piring, gelas, sendok. Demikian pula dengan peranti lainnya seperti serbet, taplak meja, tablemet, wadah lada, garam, dan kecap.

Peranti dapur penting lainnya, yaitu lemari penyimpan bahan makanan kering, lemari es untuk menyimpan bahan makanan basah, rak piring, tempat beras, lemari bumbu, meja bekerja untuk memasak, dan jam dinding untuk membantu mengetahui lama waktu memasak.