Pantai Santolo dan Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat

Kabupaten Garut tak hanya memiliki gunung yang indah dan menawan, daerah ini juga memiliki sejumlah wisata laut yang cantik dan unik yang terletak di Garut Selatan. Sebut saja Sayangheulang, Santolo, Gunung Geder, dan Manalusu. Semua lokasi tersebut berada di dalam satu garis perjalanan sehingga bisa dijangkau dengan waktu yang berdekatan.
Pantai Santolo dan Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat
Pantai Santolo yang berpasir putih dan banyak rumput laut

Untuk berkunjung ke destinasi-destinasi tersebut terbilang mudah. Dari terminal Guntur, Garut, naik elf jurusan Pamengpeuk. Waktu tempuh hanya sekitar 2 jam perjalanan. Bila dari Bandung, bisa memakai bis ukuran 3/4 jurusan Bandung-Pamenpeuk dengan lama perjalanan sekitar 3,5 jam. Selama perjalanan menuju destinasi-destinasi tersebut akan disuguhi keindahan panorama alam yang indah, cantik, segar, dan menyenangkan.

Jarak Garut-Pamengpeuk sekitar 80 km, tapi karena di sepanjang jalan akan banyak ditemui kelokan, waktu tempuhnya akan memakan waktu lebih lama dari waktu normal perjalanan. Nantinya, di sepanjang perjalanan akan melewati hamparan perkebunan teh dan hutan cemara, menyisir sisi gunung, melewati kelokan tajam yang menegangkan, melewati juga lembah yang disertai dengan kabut.

Pantai Sayangheulang
Destinasi pertama yang akan dikunjungi yaitu Pantai Sayangheulang. Pantai ini berpasir putih yang banyak ditumbuhi jenis-jenis pandan. Kita bisa berteduh di bawah pohon pandan sambil menyaksikan ombak laut selatan yang tampak liar dan anggun. Ombak yang besar dan tampak garang merupakan ciri khas ombak di pantai sisi selatan Pulau Jawa. Untunglah, kita masih bisa bermain di tepi pantai ini dengan aman. Di lokasi wisata ini terdapat bumi perkemahan dan juga penginapan-penginapan. Anda bisa bermalam di sini.

Pantai Santolo
Untuk sampai ke Pantai Santolo, tinggal melanjutkan perjalanan dari Pantai Sayangheulang yang hanya berjarak sekitar 2 km. Pantai ini lebih ramai dikunjungi para wisatawan. Di sini terdapat fasilitas tempat parkir luas, pelabuhan para nelayan, tempat pelelangan ikan, kedai-kedai penjual makanan dan minuman, penjual cendera mata, dan pakaian pantai.

Untuk mencapai Pantai Santolo, kita harus memakai perahu karena terhalang oleh bagian perairan laut. Pantai masih bersih dan alami, berbatu dengan tinggi air laut sebatas mata kaki. Ombaknya besar dan liar, tapi jaraknya sekitar 10-15 meter dari bagian pantai yang terendam air laut. Pada bagian pantai inilah banyak ditemui rumput laut yang biasa dipanen oleh para nelayan di pantai ini. Dari pantai ini bisa dilanjutkan ke Pantai Gunung Geder dan Manalusu. Sayang, pengelolaan di kedua pantai tersebut kurang baik. Padahal, bila pengelola wisata menawarkan wisata kuliner ikan dari hasil tangkapan para nelayan bisa menarik perhatian para wisatawan yang berkunjung.

Kawah Papandayan
Dari Garut ke Kawah Papandayan berjarak sekitar 20 km. Kita bisa memakai elf yang menuju Pamengpeuk, turun di pertigaan Cikajang. Selanjutnya kita mencarter mobil atau naik ojek ke lokasi kawah. Jaraknya sekitar 6 km dengan kondisi jalan yang menanjak terus. Setelah sampai, kita akan disuguhi pemandangan lansekap pegunungan yang indah. Melihat pusat kawah belerang yang masih mengeluarkan kepulan asap berwarna putih kekuningan. Di sekitar lokasi wisata terdapat bumi perkemahan, penginapan-penginapan dengan tarif murah.

Gunung Papandayan berketinggian 2.642 m dpl. Suhu udara dingin sehingga para wisatawan harus mengenakan jaket tebal. Dataran tinggi ini diselimuti hamparan tanaman sayur mayur. Para wisatawan bisa langsung membeli sayur mayur dengan harga murah sebagai oleh-oleh di rumah dan tetangga.