Wisata Ke Malaysia, Menara Kuala Lumpur

Bagi Anda yang pernah berwisata ke Malaysia, tentu belum lengkap kalau tak mengunjungi Menara Kuala Lumpur. Salah satu menara tertinggi dunia. Dari menara ini, kita bisa menyaksikan keindahan ibu kota negerinya Upin dan Ipin. Di sini kita juga bisa berbelanja dan menikmati aneka makanan lezat di restoran berputar yang ada di dalam menara kebanggan negeri jiran ini. View yang bisa terlihat saat berada di puncak menara yaitu gedung-gedung pencakar langit, lalu lintas jalan raya yang tertata rapi, liukan jalan layang yang tampak menerobos rimbunan pepohonan. Itu semua adalah pemandangan indah Kota Kuala Lumpur.

Wisata Ke Malaysia, Menara Kuala Lumpur
Menara Kuala Lumpur
Menara Kuala lumpur merupakan salah satu menara yang terbilang proyek mega buana. Betapa tidak? Menara yang terkenal dengan sebutan Menara KL ini berketinggian 421 meter, bersaing dengan Menara CN di Toronto Kanada (553 m), Menara Ostankino di Moskow Rusia (537 m), dan Menara Shanghai di Shanghai Cina (450 m). Menara KL ini milik Telkom Malaysia yang dibangun selama 4 tahun lamanya pada tahun 1992-1995. Diresmikan pada tanggal 1 Oktober 1996 oleh Perdana Menteri Malaysia saat itu Dr. Mahathir Muhammad.

Menara Kuala Lumur ini terbagi 3 bagian penting: pertama pada lantai dasar, kedua pada tiang menara, ketiga pada kepala menara. Pada lantai dasar, tempat di mana para pengunjung bersiap untuk naik ke atas menara. Di lantai dasar ini terdapat pusat informasi menara dan tempat-tempat pembelian tiket bagi pengunjung yang berkeinginan naik ke atas menara. Di lantai dasar ini juga terdapat beberapa toko yang menyediakan berbagai macam kebutuhan. Terutama menjajakan barang-barang souvenir khas Malaysia bagi para mereka yang berwisata ke Malaysia.

Pada bagian tiang menara, tebal dindingnya 1,4 m, tiang menara memiliki garis pusat luar maksimum 45 m dan minimum 13,6 meter. Bagian ketiga adalah kepala menara yang terdiri dari 7 tingkat dengan luas lantai keseluruhan 7.700 meter persegi. Di area ini terdapat banyak toko yang menyediakan aneka kebutuhan, terutama souvenir berciri khas Malaysia. Di sini terdapat juga toko makanan dan minuman. Harga-harga yang dijual masih sama dengan harga-harga barang di lantai dasar. Di lantai dua terdapat restoran berputar. Sedangkan lantai 3 dan 4 adalah perkantoran Telkom Malaysia. Lantai 5 untuk bagian mekanik dan elektrik menara. Lantai 6, untuk perkantoran Radio dan Televisi Malaysia. Lantai tujuh, untuk kantor Badan Meteorologi dan Geofisika.

Dari ketujuh lantai tersebut, pengunjung yang berwisata ke Malaysia, hanya diperkenankan sampai pada lantai 1 dan 2 saja. Untuk bisa naik ke menara, cukup membeli tiket di loket yang disediakan. Setelah itu sabar mengantri untuk giliran bisa masuk. Karena jumlah pengunjung cukup banyak, jumlah pengunjung yang akan naik harus dibatasi untuk setiap lantainya. Untuk sampai ke lantai 1 hanya tersedia 2 lift saja dengan kapasitas masing-masing 12 orang. Lama waktu dari lantai 1 ke lantai 2 butuh waktu 60 detik. Setelah sampai di lantai 1, pengunjung bebas melakukan pengamatan dari sisi mana pun. Di sini tersedia teleskop yang bisa dipakai gratis dan bergantian. Para pengunjung tak dibatasi waktunya di lantai 1 ini. Puas menikmati, pengunjung yang akan turun harus antri, sama seperti saat akan naik menara. Jam operasi Menara Kuala Lumpur dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 20.30.