Rempah, Saus, Bumbu, Kondimen,

Rempah, saus, bumbu, dan kondimen memiliki arti yang berbeda-beda. Rempah merupakan bahan-bahan yang masih utuh dan belum diolah sama sekali. Saus adalah bahan rempah-rempah yang sudah diolah dalam bentuk cairan kental. Bumbu atau seasoning adalah bahan yang terdiri dari 1 atau lebih jenis rempah untuk masakan. Sedangkan kondimen adalah ramuan yang terdiri 1 atau lebih jenis rempah yang ditambahkan ke bahan makan saat disajikan. Kesemuanya nanti bermuara untuk melezatkan makanan yang akan kita santap. Di samping memberikan cita rasa dan aroma pada masakan, semua bahan tersebut berkhasiat bagi tubuh untuk kesehatan dan pengobatan. Asalkan, bahan dan sifatnya tetap terjaga dengan baik.
Rempah, Saus, Bumbu, Kondimen,
Bumbu dan rempah siap pakai

Di zaman yang serba cepat dan praktis ini, orang-orang membutuhkan produk-produk yang serba cepat dan praktis pula. Termasuk juga dalam hal masak memasak. Mereka tak ingin banyak direpotkan dalam membuat masakan. Terutama pada saat membuat bumbu-bumbunya. Oleh karena itu, diberilah solusi dengan membuat produk olahan bumbu yang berasal dari aneka rempah-rempah. Itulah mengapa, ada istilah rempah, saus, bumbu, dan kondimen.

1. Rempah
Rempah masih berupa asli dari bagian tanaman. Biasanya ditambahkan ke masakan dalam jumlah sedikit dengan tujuan memperbaiki cita rasanya. Tak hanya untuk makanan saja, beberapa minuman juga ditambahkan rempah-rempah. Pada umumnya, rempah mengandung minyak asiri dan oleoresin. Minyak asiri memiliki karakteristik mudah menguap. Untuk memperolehnya dipakai teknik destilasi uap. Oleoresin adalah hasil ekstraksi dari pelarut organik setelah minyak asiri terambil.

2. Saus
Saus adalah cairan panas atau dingin, atau produk semi cair yang ditambahkan ke dalam makanan pada saat disajikan. Tujuannya untuk menambah daya tarik makanan melalui penampilannya, aroma, cita rasa, dan tekstur makanan. Saus bisa saja terdiri dari campuran berbagai jenis rempah, ekstrak rempah, atau tak mengandung bahan rempah sama sekali. Contoh saus, antara lain; saus salad, saus sayur, saus buah, saus daging, saus hidangan laut, dll.

3. Bumbu
Bumbu atau yang lebih keren disebut seasoning adalah bahan yang terdiri dari 1 atau lebih rempah yang ditambahkan ke dalam bahan makanan saat diolah. Tujuannya, untuk memperbaiki cita rasa sehingga makanan terasa lebih sedap dan lezat. Contohnya, bumbu tumis kangkung, bumbu rendang, bumbu soto, bumbu tongseng, bumbu sate kambing, dll.

4. Kondimen
Kondimen adalah ramuan yang terdiri dari 1 atau lebih jenis rempah yang ditambahkan pada makanan saat makanan tersebut dihidangkan di meja makan. Tujuannya, memberikan cit rasa makanan tersebut lebih meningkat. Misalnya saja, lada hitam bubuk, lada putih bubuk, daun kemangi, rosemery, dll.

Nah, sekarang bisa membedakan apa itu rempah, saus, bumbu, kondimen dengan jelas bukan? Sekarang Anda bisa memperoleh rempah olahan dalam bentuk siap pakai atau instan saat Anda akan memasak untuk keluarga tercinta. Tinggal membeli bumbu instan di warung atau supermarket.