Seru! Bermain Game Online Memasak Bersama keluarga

Sesekali gadis itu bersorak keras, “Yah, Cuma dapat skor 60, masih jauh dari harapan,” gerutunya. Ia pun kembali serius menatap layar tablet, sambil menggerak-gerakan jari-jemarinya. Penasaran dengan apa yang dilakukan oleh gadis tersebut? Ia memang sedang bermain game online memasak. Ia sedang bertanding dengan teman online untuk saling meraih skor tertinggi atas masakan yang mereka buat. Penilaian skor ditentukan oleh para juri virtual yang mencicipi masakan hasil buatan mereka. Skor yang mereka peroleh bisa berbeda-beda. Ada yang mendapat skor 80, ada pula yang hanya memperoleh skor 60 seperti gadis itu. Semakin besar nilai skor berarti semakin bagus. Yang paling besar nilai skor, itulah pemenangnya.
Pilihan tema beraneka ragam
Ada beberapa pilihan tema game memasak yang ditawarkan kepada user, antara lain: mulai dari tipe permainan aksi sampai dengan permainan teka teki. Contohnya, bekerja di pabrik permen, membuat pizza di toko pizza, bersenang-senang menghias kue dengan aneka toping, mengambil alih peran koki di restoran virtual, dll. Cara mengoperasikan permainan ini cukup mudah, tinggal menggerak-gerakan mouse dan mengklik mouse. Dengan demikian, game ini bisa dijalankan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Hanya dengan menggerak-gerakan mouse, kita dapat mengontrol gilingan kue, mengambil mentega dengan pisau, mengoperasikan cangkir ukur, dll.

Tak melulu hanya soal jenis makanan yang dijadikan tema, tokoh animasi juga dipakai sebagai tema untuk bisa menarik perhatian para user. Misalnya saja, tokoh animasi Barbie, Frozen, Emo, Disney, dll. Tokoh-tokoh animasi tersebut akan menambah daya tarik permainan memasak ini. Pasalnya, anak-anak sangat menyukai tokoh-tokoh animasi tersebut. Hal inilah yang membuat para pengembang game menampilkan tokoh-tokoh kartun pada game memasak yang mereka buat. Bagi para anak-anak, adanya tokoh-tokoh kartun dan animasi ini akan menambah semangat dalam bermain. Apalagi tokoh kartun itu merupakan tokoh yang menjadi favoritnya. Warna-warna game yang dipilih untuk konsumsi anak-anak remaja putri biasanya bernuansa cerah, lembut, dan feminim.

Nilai edukasi tinggi
Anak-anak yang bermain game online memasak akan memberikan banyak dampak positif. Terutama untuk perkembangan emosional dan kognitif si anak. Kemampuan imajinasi si anak juga tumbuh berkembang dengan baik. Misalnya saja, memadu padankan aneka bahan makanan untuk menjadi masakan yang enak perlu kemampuan imajinasi. Si anak akan dirangsang untuk berimajinasi sekaligus mempraktekkan meramu berbagai bahan makanan supaya dihasilkan makanan yang enak. Dalam hal ini, juri yang menentukan rasa masakan enak itu dari juri virtual. Rasa enak atau tidak enak bisa dilihat dari nilai skor yang diperoleh. Inilah menariknya karena ada juri virtual yang penilaiannya bisa dikatakan fair.

Game memasak bisa juga dimainkan secara bersama-sama dengan teman-teman yang lain baik secara online maupun offline. Hal ini akan memberikan manfaat positif yang banyak, terutama dalam hal kemampuan bersosialisasi dengan teman-teman yang lain baik di dunia maya maupun dunia nyata. Di dunia maya atau online, si anak memiliki teman-teman dari berbagai daerah di seluruh dunia. Di dunia nyata, si anak bisa bermain bersama dengan teman tetangga atau dengan anggota keluarga yang lain. Keberadaan teman di dunia maya dan nyata juga bermanfaat untuk perkembangan anak. Misalnya, si anak menjadi peka dalam mengenal sifat-sifat, karakter, dan emosi si teman.

Dampak positif terhadap keluarga
Keberadaan game online memasak memang terbukti kaya manfaat. Hal ini bisa dirasakan oleh suatu keluarga yang memberikan game edukasi ini pada anak mereka. Pada tiap kesempatan saat liburan, kedua orang tua bisa saling bersama-sama bermain dengan anak mereka. Si anak akan bereksplorasi apa saja dalam membuat masakan yang hasilnya nanti ditunjukkan pada si ibu atau bapak. Dengan mempsosisikan mereka sebagai juri, hasil penilaian bisa dikatakan fair. Atau bisa juga masing-masing anggota keluarga bersaing dalam hal membuat masakan. Nantinya, setiap hasil masakan dinilai oleh juri virtual. Dengan bermain bersama-sama seperti ini keharmonisan keluarga semakin bertambah dan berkualitas.

Manfaat bermain game ini sudah dirasakan betul oleh satu keluarga di Jakarta. Sebut saja keluarga Bapak Diro. Sebelumnya, mereka bingung memberikan game apa yang cocok untuk putri semata wayang mereka. Maklum, mereka takut dengan dampak negatif dari berbagai game yang ada. Setelah kenal game online memasak dari browsing internet, mereka memutuskan memberikan game ini pada putrinya. Ternyata si anak menyukainya dan senang memainkannya. Melihat hasilnya memuaskan, mereka memutuskan liburan akhir pekan diisi bermain game ini bersama-sama. Seluruh anggota keluarga pun bisa bermain gembira. Nilai edukasi diperoleh, keharmonisan keluarga bertambah dan semakin berkualitas.

Game online memasak termasuk game edukasi yang kaya manfaat bagi perkembangan anak-anak. Game genre ini direkomendasikan untuk game keluarga Anda. Game ini ada yang tersedia gratis dan ada juga yang berbayar. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Yang terpenting nilai manfaatnya bisa terasa oleh semua anggota keluarga. Berbagai pengetahuan bisa diperoleh dari game memasak ini. Mulai dari pengenalan berbagai aneka jenis masakan, cara membuat aneka kue dan masakan, mengelola restoran atau menjadi kepala chef, dll. Bagi pengembang permainan game, ceruk pasar edukasi masih terbuka lebar sehingga kesempatan menciptakan inovasi-inovasi baru tentu lebih banyak pilihan. Permainan ini juga tak kenal mati karena setiap perkembangan manusia pasti mengalami fase-fase seperti ini. Terutama pada fase perkembangan anak-anak perempuan. Tinggal para pengembang selalu berusaha mengikuti selera pasar kekinian.