Cerdas Berkat Main Game online perang


Ada kabar baik bagi para penggemar game online perang lho. Rutin bermain game perang terbukti mampu meningkatkan kecerdasan berpikir. Terutama dalam hal meramu strategi dan intuisi. Sudut pandang positif ini bertolak belakang dengan anggapan umum sebagia besar masyarakat kalau game itu membuat orang malas, bandel, dan suka kekerasan. Fakta terbaru membuktikan bahwa bermain game mampu meningkatkan kemampuan berbahasa asing, ahli dalam membuat perencanaan atau strategi, kemampuan berhitung, dll. Jadi, jangan salah kalau dampak bermain game tak melulu hanya negatif saja, tapi juga memilik banyak manfaat positif bagi perkembangan anak.

Dampak positif
Berikut ini dampak positif bermain game online perang:
1.      Mempertajam koordinasi mata sekaligus tangan
Mudah dipahami, karena saat seseorang bermain game tak lepas dari gerakan simultan antara mata, tangan, dan syaraf yang saling terkoordinasi. Hal ini yang membuat orang tersebut memiliki kemampuan presisi yang bagus dalam mengatasi suatu permasalahan.

2.      Mengasah ketrampilan strategi
Bermain game online perang akan mengasah ketrampilan strategi seseorang. Karena dia akan membuat perencanaan dan mengoptimalkan semua sumber daya yang ada. Dalam hal ini seseorang dituntut kreativitasnya untuk meraih kemenangan. Hal ini tentu saja melatih otak seseorang semakin lebih tajam dalam menyelesaikan suatu masalah.

3.      Meningkatkan kemampuan kerja sama tim
Game online perang tak hanya bermain secara individual saja, tapi juga bisa melibatkan banyak pemain. Game yang melibakan banyak pemain (multi-player) akan terasa lebih seru dan bisa saling terkoordinasi dalam memainkan suatu peran. Game multi player biasanya berhadapan dengan tim lain. Bermain dalam tim juga akan membuat masing-masing pemain memahami konsep kerja sama tim. 

4.      Menambah ketekunan anak
Ketekunan seseorang bisa terbentuk berkat kegagalan-kegagalan yang kerap kali diterima pada saat berbamin game. Biasanya bila mengalami kegagalan, seseorang akan merasa tertantang untuk bermain lagi dan lagi sampai berhasil memenangkan permainan. Hal ini yang menumbuhkan sifat positif ketekunan dan tak mudah menyerah. Sifat positif ini yang bagus diterapkan pada kehidupan nyata.

5.      Merangsang mood anak atau seseorang
Saat seseorang sudah merasa jenuh akibat rutinitas yang harus dijalaninya, bermain game online perang akan melenyapkan rasa jenuh tersebut. Lalu, berganti dengan rasa bahagia atau pikiran segar kembali. Dengan pikiran yang segar tersebut, akan menumbuhkan ide-ide baru yang lebih brilian dan mood pun muncul kembali. Dengan demikian, bermain game memang akan merangsan mood anak atau seseorang.

6.      Menambah pertemanan dari berbagai daerah dan berbagai belahan dunia
Adanya game multi-player dan lawan membuat pertemanan bertambah banyak. Entah itu pertemanan sesama gamer dalam satu ruangan, luar daerah, atau bahkan dari luar negeri. Bermain game online perang yang melibatkan banyak pemain sekaligus harus mengalahkan musuh menjadi para gamer yang bermain menjadi saling kenal satu sama lain. Seringkali juga mereka membantuk suatu komunitas yang selanjutnya membuat suatu turnamen pertandingan. Dengan mengikuti turnamen pertandingan seperti ini akan semakin menambah jumlah pertemanan dari berbagai latar belakang.

7.      Meningkatkan kemampuan kognitif
Dalam game banyak materi pelajaran yang dipakai sehingga akan merangsang seseorang belajar berbagai materi pelajaran. Mulai dari pelajaran matematia, ilmu alam, sejarah, bahasa inggris, dll. Game perang banyak mengambil tema dari sejarah. Misalnya, sejara roma, pertempuran Kerajaan Romawi dengan Persia, pertempuran di luar angkasa, dll. Dengan latar belakan tema tersebut, si anak atau seseorang dengan sendiri belajar tanpa merasa harus membaca teks buku.

8.      Menambah keharmonisan antar anggota keluarga
Game memang asyik dimainkan sendiri, tapi lebih asyik bermain bersama-sama. Bermain dengan sessama anggota keluarga juga sangat bagus dan permainan semakin seru. Cara ini juga akan menambah keakraban dan keharmonisan di antara anggota keluarga. Ayah bersama anak bisa menjadi partner atau lawan sehingga permainan akan semakin seru. Manfaat lainnya dengan bermain bersama-sama seperti ini yaitu orang tua bisa langsung mengontrol dan mengawasi anak dalam bermain game. Pilih game disesuaikan dengan kondisi emosi anak dan perkembangannya

9.      Melatih sprotifivitas
Bermain game online perang akan melatih sportivitas seseorang. Bila memang kemampuannya belum sebaik dengan pemain lain, mengakui kekalahan merupakan sikap yang positif. Seorang master pun terkadang harus merasakan kekalahan karena melakukan suatu kesalahan saat bermain. Nilai sportivitas seperti inilah yang bagus ditanamkan bagi si anak maupun seseorang saat berada dalam organisasi atau dalam suatu usaha untuk meraih tujuan. Misalanya saja game online perang tema kerajaan Tiongkok kuno yang sering menyelipkan pelajaran strategi perang ala Tsun Zu.

10.  Mengurangi stress dan lebih sehat
Bermain game ampuh mengurangi stress akibat pekerjaan atau jenuh belajar. Ini merupakan salah satu bentuk rekreasi yang murah dibandingkan dengan jenis-jenis rekreasi lainnya seperti berwisata keluar kota atau ke tempat lain. Ini juga merupakan salah satu penghematan pengeluaran biaya rumah tangga untuk kebutuhan berekreasi.

Jadi, jangan apriori dulu bila anak Anda atau sesorang begitu serius ketika bermain game. Apalagi bermain game online perang yang butuh banyak kemampuan untuk bisa memenangkan suatu permainan. Selama durasi bermain dalam batas-batas wajar dan tidak mengganggu tugas-tugas pokok di rumah maupun sekolah, bermain game online termasuk menyehatkan. Akan lebih baik lagi bagi orang tua untuk turut serta menemani si anak dalam bermain game sehingga bisa mengontrol anak sekaligus mengetahui permainan game tersebut. Bagi gamer professional, bermain game bisa menjadi sumber penghasilan denga pendapatan yang aduhai besarnya.