Seru, Mencerdaskan, Bermain Game Online Berdandan


Jari jemarinya seperti tak ingin lepas dari keyboard netbook dan mouse. Sesekali ia terawa ringan sambil menutup mulutnya. Begitu juga dengan teman di sebelahnya. Teman sebelahnya mengomentarinya “wah, cantiknya seperti kamu,” lalu mereka tertawa bersama-sama. penasaran dengan tingkah polah kedua gadis tersebut? Ya, mereka sedang bermain game online berdandan melalui netbook. Sebuah permainan yang mengolah tampilan gambar wanita supaya menjadi cantik melalui seperangkat peralatan yang tersedia. Permainan ini sangat mudah diterapkan karena tinggal geser-geser mouse dan mengetik suatu kata untuk mencari peralatan make up yang diperlukan. Permainan ini ada yang tersedia offline dan ada pula yang tersedia online. Keduanya sama-sama seru dimainkan.

Tema beragam
Tema yang ditawarkan dari game online berdandan ini beragam, mulai dari cara berdandan ala Barbie di pantai, ala berdandan pasangan pengantin, berpakaian ala oju sama, mendandani gadis penyuka topi, memilih pakaian beserta aksesoris untuk gadis keren dan gaul, berdandan ala gaya Emo, aneka pakaian untuk para tuan putri, dll. Sudah dipastikan sosok yang akan didandani memiliki wajah imut dan segar supaya bisa menarik kaum hawa. Sebut saja sosok Barbie yang memiliki bentuk tubuh ideal yang merupakan dambaan hati setiap gadis di seluruh dunia. Tokoh kartun film animasi Frozen juga memiliki wajah imut dan bentuk tubuh yang ideal.

Keanekaragaman tema game online berdandan disesuaikan dengan tren yang sedang hit saat ini. Misalnya saja, saat ini sedang tren film Frozen, maka sudah dipastikan game yang bersosok tokoh kartun dalam animasi tersebut banyak dimainkan oleh para gamer. Maklum saja, yang memainkan game ini biasanya berasal dari para gadis remaja umur 10-15 tahun. Pada lain waktu, saat tren film animasi Sailor moon sedang naik, maka gamer akan dengan mudah beralih memilih sosok dari tokoh-tokoh kartun animasi tersebut. Inilah yang membuat para developer game harus bisa selalu menciptakan beragam karakter tokoh dalam game sesuai selera pasar.

Ajak teman lebih menyenangkan
Walau game online berdandan bisa dimainkan secara individual, akan lebih menyenangkan bila dimainkan bersama-sama dengan teman. Terutama saat memilih beragam model pakaian dan beragam model aksesoris. Dalam hal ini, bermain game ini akan merangsang kepekaan anak dalam memainkan seni berdandan. Juga akan merangsang kepekaan anak dalam memadu padankan beragam warna dan model pakaian yang disesuaikan dengan tokoh karakter yang mereka pilih. Bermain bersama-sama akan menciptakan interaksi sosial yang positif di antara mereka karena bisa saling belajar mengetahui kesukaan dan selera masing-masing individu. Bermain bersama tentu akan lebih terasa menyenangkan dan lebih seru dibandingkan dengan main sendirian.

Karena game ini ditujukan untuk anak-anak sampai usia remaja, cara memainkannya dibuat sesederhana mungkin dan mudah dioperasikan. Cukup hanya dengan memainkan mouse atau memainkan sentuhan tangan pada layar gadget. Bermain sambil duduk santai atau berbaring tidak masalah karena mudah mengoperasikannya dan tidak membuat cepat lelah tangan. Maklum, usia remaja tanggung seperti pasti sedang aktif-aktifnya bergerak kesana kemari dan memiliki daya imajinasi yang kuat. Terkadang, saking nge-fans pada tokoh kartun tertentu, mereka tak segan-segan berdandan ala tokoh dalam game tersebut. Hal ini bisa dilihat dari adanya komunitas cosplay yang diperankan seseorang dengan menirukan salah satu tokoh kartun atau animasi. Inilah uniknya bermain game online berdandan berdasarkan tema.

Sisi positif bermain game online berdandan
Banyak sisi positif yang diperoleh bermain game seperti ini. Terutama pada kaum hawa yang sudah pasti ingin menonjolkan sisi feminism mereka. Berdandan merupakan naluri yang sudah mereka miliki sejak lahir. Dengan memainkan game seperti ini akan mengasah kemampuan mereka dalam merias diri supaya tampil menarik. Tampil cantik, menarik, cerdas, dan elegan merupakan dambaan setiap wanita. Sisi positif lainnya yang bisa diperoleh yaitu mengasah olah rasa dalam memadu padankan beragam model pakaian, tata rias, dan aksesoris. Terlebih lagi mereka yang menyukai dunia tat arias dan modeling. Bermain game seperti ini merupakan langkah awal menapaki karir kelak di kemudian hari.

Bagi yang suka bermain dalam tim, bermain game online berdandan akan melatih kepekaan jiwa sosial mereka. Mereka bisa saling berbagi dan saling belajar memahami pribadi masing-masing. Cara ini akan menciptakan dampak positif untuk perkembangan sisi emosial dan jiwa sosial mereka. Sikap toleransi, bersedia menerima pendapat berbeda akan mereka peroleh. Dengan bermain bersama-sama biasanya akan menumbuhkan suatu komunitas yang lebih besar. Ide-ide cerdas pun sering tercipta dari mereka. Misalnya, membuat komunitas Barbie, komunitas cosplay, komunitas animasi Disney, dll. Tak jarang pula mereka membuat suatu even turnamen di antara mereka untuk menunjukaan kebolehan dalam berdandan. Baik dalam bentuk game online maupun dalam kehidupan nyata.

Tinggal share
Bagi yang ingin mengajak teman atau menggaet khalayak ramai untuk turut bergabung bermain game ini cukup mudah saja. Tinggal membuat akun media sosial seperti facebook, twitter, G+ atau lainnya, lalu share game online yang sudah diunduh tersebut. Link bermain game online berdandan akan tersebar luar di jagad maya. Para pengguna akun berbagai media sosial yang berminat tinggal meng-klik tautan tersebut dan turut bergabung bermain. Sangat mudah dan praktis. Cara ini akan menambah banyak pertemanan dengan minat yang sama dari berbagai orang di belahan dunia mana pun. Jadi, tak ada salahnya kalau anak-anak Anda bermain game seperti ini karena nilai edukasi dan dampak positifnya banyak.