Variasi Menu Buka Puasa dan Sahur yang Enak

Kita semua sudah tahu bahwa makanan yang kita asup ke dalam tubuh harus beragam dan bergizi. Puasa hanya mengubah jadwal makan kita. Dari yang biasanya makan tiga kali sehari di waktu pagi siang dan malam diubah frekuensinya menjadi dua kali di malam hari yaitu di waktu maghrib dan jelang subuh. Oleh karena itu variasi menu buka puasa dan sahur mutlak dibutuhkan oleh tubuh. Tentunya makanan yang tersaji untuk keluarga tercinta harus enak dan lezat.

Variasi menu buka puasa dan sahur hendaknya terdiri dari zat pembangkit energy, pembangun, cadangan dan pelindung. Saat berbuka kita memerlukan zat pembangkit energy dan air lebih banyak. Makanan seperti takjil kurma, pisang aroma, teh dan air putih sangat baik untuk pembuka makan. Setelah sholat maghrib baru kita memasukkan makanan berat seperti nasi dan lauk pauknya. Contoh sajian seperti ini misal; sup sayur, nasi, sate ayam, sambal dan kerupuk.

Demikian juga dengan menu sahur yang kita sajikan. Sajian menu yang mengandung lemak sangat baik di waktu sahur. Karena lemak dibutuhkan oleh tubuh untuk aktivitas di siang hari. Lemak sangat lambat dicerna sehingga efek kenyang dapat bertahan lama. Contoh sajian ini yaitu nasi putih, ayam goreng atau aneka masakan ayam lainnya, ninoy abon cabe, lalapan kol, kemangi atau timun. Variasi menu buka puasa dan sahur sebaiknya dibiasakan untuk sajian sehari-hari. Hindari sajian makanan yang hanya berdasarkan alasan favorit keluarga yang itu-itu saja karena tubuh memerlukan aneka ragam zat gizi untuk pertumbuhan dan kesehatannya.