Cantiknya Bunga Adenium Untuk Taman Dan Teras Rumah

Bunga adenium atau kamboja jepang terkenal dengan keindahan warnanya. Warna klasik bunga adenium yaitu ungu dengan bentuk bunga seperti terompet. Sekarang, berkat kreasi dari pemulia tanaman telah dihasilkan beraneka macam bentuk bunga dan beraneka macam warnanya. Tanaman ini akan membuat cerah dan ceria bagi taman rumah Anda. Ia bisa ditanam di dalam pot maupun langsung di dalam tanah. Yang terpenting, ia tidak menyukai tanah yang tergenang oleh air.

Habitat asli tanaman hias ini berasal dari Benua Afrika. Tanaman yang tumbuh liar di Benua Afrika terlihat sangat anggun, berbonggol besar sehingga mengesankan kokoh dan tua, rajin berbunga. Beberapa jenis dari tanaman ini endemik dan menjadi simbol puspa bagi beberapa Negara-negara Afrika sana.


Perbanyakan bunga adenium bisa dengan cara biji dan setek batang. Cara perbanyakan dengan biji lazim dilakukan oleh banyak orang. Kelebihan dengan cara ini yaitu pangkal batangnya membentuk bonggol yang besar sehingga bisa menyerupai bonsai. Perbanyakan dengan biji memungkinkan diperoleh anakan adenium varietas baru. Varietas baru yang didapatkan bisa saja terlihat dari warna bunganya yang merupakan hasil dari kawin silang kedua varietas adenium atau jenis.

Adenium atau kamboja jepang
Adenium atau kamboja jepang

Perbanyakan bunga adenium dengan cara setek bisa juga dilakukan. Sayangnya, perbanyakan ini tidak menghasilkan bonggol yang bagus. Kesan seperti bonsai jadi tidak tampak. Pertumbuhannya cenderung meninggi atau mengular. Tanaman adenium hasil perbanyakan setek batang cocok ditanam sebagai pengisi taman rumah.

Tanaman yang masih berkerabat dekat dengan kamboja ini termasuk rajin berbunga. Secara alami, bunga-bunga akan sering muncul di bagian pucuk-pucuk tanaman. Jika ada perlakuan khusus, seperti diberi perlakuan pengeringan, lalu tiba-tiba dikasih air banyak, tak lama kemudian akan muncul kuncup-kuncup bunga. Cara ini sudah banyak dipraktekkan olah para pengusaha tanaman hias.
Bunga adenium
Bunga Adenium yang cantik
Tanaman adenium juga bisa disambung pucuk. Dalam satu tanaman, bisa disambung pucuk dengan beberapa jenis atau varietas adenium. Kelak, hasilnya bisa beraneka macam warna bunga dalam satu tanaman. Warna warni bunganya inilah yang membuat taman dan teras rumah menjadi lebih cantik dan ceria.