Perbanyak Sendiri Bibit Bunga Bromelia atau Nanas Cantik

Pada umumnya bibit bunga bromelia yang dijual di pasaran berupa anakan. Harganya boleh dikatakan murah bila dibandingkan dengan jenis tanaman hias lainnya. Karena harganya yang masih relatif murah, tanaman nanas cantik ini mudah diperbanyak dengan cara pemisahan anakan. Nantinya, hasil perbanyakan bisa dipakai sebagai elemen hidup taman rumah Anda.  

Keunggulan dari tanaman hias bromelia yaitu gampang tumbuh anakannya. Tiap satu induk tanaman bisa muncul 6-10 anakan. Pada jenis Guzmania minor, anakannya tampak lebih cepat membesar. Anakan ini sudah bisa berbunga dalam kurun waktu 6 bulan. Untuk jenis-jenis lainnya seperti Aechmea dan Vriesia baru bisa memunculkan bunga setelah dipelihara sekitar 9-12 bulan.
Bibit bunga bromelia
Bromelia atau nanas cantik

Anakan yang jumlah daunnya sudah cukup harus segera dipisah karena anakan ini akan segera tumbuh besar. Anakan ini sudah mampu menyerap nutrisi sendiri dan sudah tidak tergantung lagi pada indukannya. Sedangkan, anakan-anakan lainnya yang masih kecil juga bisa berkesempatan memperoleh nutrisi dari induknya sama banyaknya dengan anakan yang dipisah ini. Dengan cara selalu memisahkan anakan-anakan ini, akan diperoleh bibit bunga bromeliad dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat pula.

Cara membuat bibit bunga bromelia

Langkah awal tentunya memilih indukan bromeliad beserta anakannya yang sehat. Tanda-tanda anakan yang siap diperbanyak yaitu sudah muncul daun-daun yang arah tumbuhnya ke segala arah, berdiameter 10-20 cm dan pada bagian ruas bawahnya tampak sejumlah akar.

Siapkan wadah beserta medianya. Wadah harus didesain mudah membuang air supaya tidak terjadi genangan. Media yang dipilih juga harus mudah melewatkan air (porous). Contoh media yang bisa dipakai yaitu serbuk sabut kelapa, sekam dan andam. Media ini bisa dicampur dengan kompos dan pasir.

Wadah dan media sudah siap, saatnya memisahkan anakan bromeliad dari induknya. Potong bagian pangkal rhizome yang terhubung dengan induknya dengan pisau atau gunting pangkas tanaman. Potong rizhome secukupnya kalau memang terlalu panjang. Bagian bekas potongan diolesi zat perangsang tumbuh supaya kelak bibit bunga bromeliad lebih cepat tumbuh subur.


Anakan bromelia siap ditanam ke dalam pot. Siram dengan air secukupnya saja. Frekuensi penyiraman tidak terlalu sering, hanya pada saat media sudah terlihat kering. Pada ketiak daun biasanya sudah tersimpan air. Setelah kurang lebih 1 bulan, bibit bunga bromelia tumbuh dengan baik dan siap dipajang.