Macam-macam Tanaman Hias Bromelia

Berikut ini macam-macam tanaman hias bromelia yang sudah bisa diperoleh di nursery atau kios penjual tanaman. Di alam, ada sekitar 4.000 jenis bromelia, tapi hanya 50 jenis yang bernilai komersial sebagai tanaman hias. Beberapa di antaranya sudah mengalami perkawinan silang sehingga tampilannya begitu menawan dan menarik hati bagi siapa saja.

Genus dan jenis bromelia yang bernilai komersial, antara lain; Guzmania (10 spesies), Vriesia (6 spesies), Neoregelia (3 spesies), Aechmea (4 spesies), Ananas (2 spesies), Tillandsia (3 spesies), Cryptanthus (20 spesies), Nidularium, Billbergia, Dyckia, Bromelia dan Puya. Dari sekian banyak spesies yang bernilai komersial tersebut, telah dilahirkan banyak varietas yang sulit dideskripsikan lagi. Beberapa varietas sulit sekali dibedakan antara satu varietas dengan varietas lainnya. Indikator pembeda bisa dilihat dari bentuk, ukuran dan cara pembungaan.
Macam-macam tanaman hias bromelia
Cryptanthus bivittatus

Macam-macam tanaman hias bromelia komersial tinggi

Aechmea chantinii
Bisa disebut juga Amazonian zebra plant. Sosok tanaman nanas hias ini tampak elegan, beroset lebih terbuka, ukuran tanaman hampir sama dengan Aechmea fasciata. Daunnya berwarna hijau zaitun, terang dengan pola garis air yang melintang berwarna abu-abu dan merah muda. Bagian kuncup bunga berupa rangkaian dan bercabang-cabang dengan braktea warna merah oranye mencolok dan kuning pada bagian ujungnya. Varietas yang banyak digemari oleh pecinta tanaman yaitu “Silver Monarch” dan “Vera”.

Cryptanthus bivittatus

Dari sekian banyak macam-macam tanaman hias bromelia yang beredar di pasar, varietas ini yang mungkin paling terkecil atau mini. Penggemar tanaman hias biasa menyebutnya dengan “Pink Starlite”. Ukurannya kecil dengan garis tengah roset pipih sekitar 8 cm. Varietas ini sudah dipatenkan di Florida, Amerika Serikat. Bila diamati dari atas, varietas bromelia ini berbentuk bintang, berwarna daun hijau lumut di bagian tengahnya, bagian kanan kiri berwarna krem dan bergerigi. Tepi daun yang bergerigi berwarna merah keunguan. Para penggemar tanaman hias yang kreatif biasa memasukkan tanaman ini ke dalam terrarium.