Jenis-jenis tanaman hias bromelia komersial

Jenis-jenis tanaman hias bromelia komersial ada sekitar 50 ditambah beberapa varietas hasil dari persilangan antar jenis. Nanas-nanas cantik ini memiliki keunikan tersendiri, mulai dari bentuk, ukuran tanaman hingga cara pembungaan bromelia. Berikut ini, beberapa jenis tanaman hias bromelia yang banyak digemari oleh masyarakat.

Guzmania sanguine
Jenis nanas-nanasan cantik ini beroset agak pipih besar, padat dan kuat. Helaian daun memilik panjang sekitar 30 cm. Pada bagian atas daunnya berwarna merah rubi, setengah bagian bawahnya berwarna kuning kecoklatan yang biasanya muncul pada saat akan berbunga. Tangkai bunga pendek yang membuat bagian kelompok bunga putihnya mengisi pusat roset.
Tanaman hias bromelia komersial
Guzmania sanguine

Neoregelia carolinae
Ini merupakan salah satu dari jenis-jenis tanaman hias bromelia komersial yang banyak disukai oleh masyarakat. Bentuk nanas-nanasan cantik ini beroset terbuka agak besar. Helaian daun pitanya memiliki panjang sekitar 30 cm dan lebar 4 cm. Pada bagian bawah daun berwarna hijau dengan saputan merah, bagian atas berwarna tembaga mengkilat, tepi daunnya bergerigi. Bunga jenis bromelia ini berwarna ungu tua dengan bagian ujung berwarna putih yang terbungkus oleh braktea merah oranye yang letaknya di tengah roset.

Tillandsia cyanea
Lebih populer disebut Pink quill. Jenis tanaman hias bromelia yang paling cantik bunganya bila dibandingkan dengan jenis-jenis lainnya. Tanaman hias ini berdaun hijau kecil ramping dengan ujung meruncing panjang melengkung membentuk roset yang nantinya akan muncul bakalan anakan. Tangkai bunga muncul dari tengah roset dengan braktea yang teranyam pipih rapi berwarna merah muda jernih. Bunganya menyembul dari sela-sela anyaman tersebut.

Vriesia splendes

Ini adalah salah satu dari jenis-jenis tanaman hias bromelia yang banyak diburu oleh para pecinta tanaman. Jenis ini disebut juga dengan Flaming sword. Daun tanaman ini berwarna hijau agak ramping. Pada bagian sisi bawah daun berwarna abu-abu berpola melintang keungu-unguan. Pada bagian tengah roset terbuka menjulang tegak tangkai dan rangkaian braktea pipih memanjang seperti pedang, berwarna merah menyala dengan bunga-bunga berwarna kuning.