Budidaya Gurame Menguntungkan

Semua segmen budidaya gurame menguntungkan. Mulai dari segmen pemijahan, segmen penetasan telur, pendederan hingga pembesaran ikan konsumsi. Kuncinya terletak pada kemampuan menjaga kesehatan ikan dan mampu mengatur komposisi pakan sehingga tumbuh kembangnya optimal. Tak ketinggalan juga dengan kualitas benih-benih gurame yang dipelihara. Benih-benih berkualitas dihasilkan dari indukan yang berkualitas juga. Seperti yang dilakoni oleh para peternak gurame di Purwokerto yang secara periodik mendatangkan gurame soang dari daerah Tasikmalaya, Jawa Barat.

Peternak gurame sadar, bila memakai indukan gurame yang itu-itu terus dan yang berasal dari satu keturunan akan menghasilkan anakan yang berkualitas rendah. Misalnya saja, benih mudah terserang penyakit, pertumbuhan lambat, banyak yang cacat dan lebih parahnya telur-telur yang dihasilkan sulit menetas. Supaya terhindar dari kasus seperti ini perlu didatangkan indukan gurame yang berasal dari luar daerah. Salah satunya berasal dari daerah Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dengan melakukan perkawinan yang asal indukanny berbeda asal daerahnya akan menghasilkan keturunan dengan tingkat keanekargaman genetika tinggi. Pemilihan indukan yang unggul di masing-masing daerah berpeluang menghasilkan anakan-anakan yang berkualitas tinggi. Dengan benih-benih yang berkualitas tinggi, sudah tentu budidaya gurame menguntungkan para peternak itu sendiri. Pembesaran benih lebih cepat dan lebih singkat waktunya sehingga keuntungan usahanya pun lebih tinggi.

Gurame soang sudah dikenal sebagai gurame pedaging. Produktivitasnya tinggi, rasa daging digemari oleh masyarakat luas. Tidak mengherankan, kalau di jaman colonial Belanda dulu, gurame ini digemari orang-orang Eropa dan melarang masyarakat pribumi menyantapnya. Terlebih pada saat itu, untuk memperoleh gurame soang harus berburu di rawa-rawa. Jumlahnya masih sedikit.


Budidaya gurame menguntungkan bagi para peternak dan mereka yang menekuni bisnis kuliner. Ikan gurame bisa diolah menjadi berbagai masakan. Mulai dari asam manis pedas, pecak, soto, sup, bistik, bakar, pecel dll. Permintaan gurame selalu meningkat tiap tahun dan produksinya selalu tak mencukupi kebutuhan pasar. Peluang budidaya gurame selalau lebar dan selalu memberi keuntungan yang tinggi. Satu hal yang perlu diperhatikan, kuasai kemampuan budidayanya maka laba besar siap menanti Anda.