Usaha Ternak Ikan Nila, Trik Memisahkan Burayak

Bagi pelaku usaha ternak ikan nila yang mengambil segmen pembenihan, ada trik mudah memisahkan burayak-burayak nila dari indukannya. Tidak perlu menyerok kumpulan burayak-burayak pada tiap-tiap indukan. Cukup sediakan hapa berukuran 120 cm x 120 cm x 120 cm di kolam, nantinya burayak-burayak tersebut masuk dengan sendirinya ke dalam hapa. Burayak-burayak nila tersebut akan merasa aman dan betah di dalam hapa.
Usaha ternak ikan nila trik memisahkan burayak
Hapa
Bagi peternak kecil yang memelihara ikan dari berbagai jenis, tentu tidak ada cukup biaya untuk beternak secara intensif. Selain butuh biaya tinggi, diperlukan ketrampilan yang memadai. Peternak seperti ini biasanya hanya memiliki 1 kolam saja. Jadi tak memiliki kolam khusus untuk memelihara anakan-anakan ikan. Untuk mensiasatinya, menyediakan hapa untuk memelihara anakan-anakan ikan di kolam yang sama.
Usaha ternak ikan nila trik memisahkan burayak
Pasang hapa ke dalam kolam
Bagi pelaku usaha ternak ikan nila skala kecil, harga hapa relatif terjangkau. Harga hapa yang sudah jadi berkisar Rp 80 ribu sampai dengan Rp 100 ribu. Bila ingin membuatnya sendiri, harga jari per meternya hanya di kisaran Rp 5 ribu hingga Rp 7.500. Ukuran lubang jaring dipilih yang bisa dimasuki burayak-burayak nila. Jangan dipilih yang terlalu kecil ataupun terlalu besar sehingga burayak-burayak nila sulit masuk atau ukuran lubang terlalu besar yang membuat ikan-ikan predator bisa dengan mudah masuk.

Pasang hapa yang sudah jadi di kolam dengan cara merentangkan tiap-tiap sudut hapa dengan tali plastik yang kuat. Bagian jaring yang tidak terendam air diatur ketinggiannya sekitar 20-30 cm supaya ikan-ikan jenis lain tidak mudah melompat masuk ke dalam hapa. Biarkan hapa beberap hari, tak lama kemudian burayak-burayak nila akan dengan sendirinya masuk ke dalam hapa. Tidak perlu menyerok burayak-burayak nila yang ada pada tiap indukan.
Usaha ternak ikan nila trik memisahkan burayak
Larva nila di dalam hapa, masuk dengan sendirinya
Trik memisahkan burayak-burayak nila ini sangat efektif dan efisien bagi pelaku usaha ternak ikan nila. Tak perlu repot-repot dan mempersingkat waktu. Peternak bisa mengerjakan kegiatan-kegiatan lainnya, sementara burayak-burayak itu sendiri dengan suka rela masuk ke dalam hapa untuk hidupannya. Burayak-burayak nila ini akan merasa aman dan akan berkembang dengan baik.