Usaha Ternak Ikan Hias, Menghasilkan Strain Discus Cantik

Hasil kreasi para pelaku usaha ternak ikan hias discus ini memang pantas diacungi jempol. Dari negara gajah putih diluncurkan strain discus yang tampil cantik dan menawan seperti tiger snake. Dari negeri jiran, menghasilkan goldenruby yang berwarna emas cemerlang pada tubuhnya yang disertai dengan corak-corak yang menawan. Untuk memperoleh strain-strain tersebut tidaklah mudah, bagai mencari jarum di dalam tumpukan jerami.

Bagi penggemar ikan hias discus, kemunculan strain-strain baru selalu ditunggu-tunggu. Tentunya strain ini memiliki banyak kelebihan-kelebihan dibandingkan dengan kedua orang tuanya. Seperti yang terjadi pada tiger snake merupakan hasil perkawinan antara indukan wild discus dengan leopard kitti. Dari perkawinan tersebut dihasilkan keturunan ke-4 yang tampil sebagai tiger snake.

Kerja keras pelaku usaha ternak ikan hias telah membuahkan hasil yang memuaskan dengan lahirnya tiger snake. Indukan wild discus mewariskan sifat corak unik pada bar hitamnya, sedangkan pada leopard kitti menurunkan bar hitam yang tegas. Kombinasi corak dan bar inilah yang perpaduan apik pada tiger snake.

Untuk strain goldenruby diperoleh dari hasil perkawinan antara leopard snakeskin dengan golden. Hasilnya, warna kuning emas goldenruby terlihat kuning emas bersih. Dari indukan leopard mewariskan sifat totol merah penuh di sekujur tubuh. Pola goldenbury lebih halus tanpa ada bar hitam.

Untuk memperoleh strain-strain di atas tidaklah mudah. Butuh perjuangan dan konsistensi dalam mengawinkan antar indukan. Untuk menghasilkan strain yang stabil butuh beberapa keturunan. Bisa baru dihasilkan pada keturunan ke-4 atau bahkan lebih. Pasalnya, corak-corak yang muncul pada tubuh bisa memudar atau menghilang saat terjadi perkawinan selanjutnya.


Selama proses pemeliharaan pun tak semudah membalikan telapak tangan. Anakan discus hasil persilangan butuh lingkungan yang benar-benar sesuai. Misalnya saja pada goldenbury yang harus memerlukan air bersuhu 300 Celcius dan stabil. Proses adaptasi juga memerlukan waktu yang cukup lama. Jadi, wajar kalau para pelaku usaha ternak ikan hias discus memberandol harga ikan strain baru mereka sangat mahal. Untuk ukuran ikan discus 2 inci saja, mereka akan memberandol harga di kisaran 4-5 juta Rupiah. Sangat menarik bukan?