Cara Membuat Kompos Mudah Murah Praktis

Cara membuat kompos berikut ini mudah dipraktekkan oleh masyarakat umum. Bahan-bahan yang digunakan cukup semua bahan organik yang berasal dari limbah rumah tangga. Asalkan limbah tersebut tidak berminyak. Dengan 3 langkah saja, kita sudah bisa membuat kompos di rumah. cacah bahan-bahan organik, tutup dengan karung goni atau wadah, aduk-aduk sambil kasih sedikit air tiap hari. Tunggu hingga beberapa hari. Jadi sudah kompos buatan kita. Langkah-langkah detailnya seperti yang diulas berikut ini.

Kompos hasil rumah tangga tak kalah kualitasnya dengan kompos yang dibuat oleh para pembuat pupuk organik. Kompos ini juga bagus dipakai sebagai media tanam berbagai tanaman. Mampu menyuburkan tanah dan mampu mendongkrak pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Kompos buatan sendiri juga murah dan mengurangi pencemaran lingkungan.
Cara membuat kompos
Wadah komposter
Bahan-bahan organik yang bisa dipakai, antara lain; dedaunan, kertas, ampas kopi, ampas teh, cangkang telur. Bila bahan-bahan organik tersebut berukuran besar, sebaiknya dicacah kecil-kecil. cangkang telur diremuk-remuk menjadi seukuran serbuk. Bahan-bahan organik yang sudah berukuran kecil tersebut selanjutnya tinggal diaduk-aduk dan diberi air. Tambahkan juga ragi atau organisme probiotik seperti EM, gula untuk membantu proses fermentasi atau penguraian.

Langkah selanjutnya, tinggal menutupnya dengan karung goni atau dimasukkan ke dalam wadah berupa tong atau lainnya. Periksa setiap hari keadaan adonan kompos. Proses penguraian yang berhasil akan ditandai dengan hangatnya bahan-bahan organik dan berbau khas seperti peragian. Bila berbau busuk berarti proses fermentasi tidak berhasil. Lakukan pengadukan dan pengontrolan tiap hari sampai bahan-bahan organik tersebut berubah menjadi mirip seperti tanah.

Kompos yang siap diaplikasikan yaitu yang sudah berubah strukturnya mirip tanah, berwarna hitam dan tidak panas. Cara membuat kompos seperti di atas cocok bagi kalangan rumah tangga yang volume bahan-bahan organiknya tidak banyak. Sisa-sisa sayuran dari dapur sangat bagus untuk dibuat kompos. Namun, hindari sisa-sisa makanan yang berminyak karena bahan-bahan organik ini penyebab proses penguraian yang tidak sempurna (ditandai dengan bau busuk).