Cara Membuat Bonsai Semi Menggantung

Berikut ini cara membuat bonsai semi menggantung yang bisa dilakukan oleh semua orang. Caranya, tinggal mengambil bakalan bonsai yang arah tumbuhnya ke bawah. Selanjutnya, di-training dengan menerapkan gaya semi menggantung yang sudah baku dalam per-bonsai-an. Atur keseimbangan cabang, ranting dan sosok tanaman secara keseluruhan. Percantik bonsai semi menggantung ini dengan pot yang tinggi. Jaga tajuk terendah jangan sampai lebih dari alas bawah pot. Detail langkah pembuatannya diuraikan di bawah ini.

Bonsai semi menggantung merupakan duplikat dari pohon-pohon yang tumbuh di tebing-tebing. Gaya ini memiliki banyak penggemarnya. Untuk memperoleh bakalan bonsai semi menggantung memang tidak mudah sehingga terkadang pebonsai itu sendiri yang harus menyediakannya. Nama lain bonsai gaya semi menggantung yaitu han kengai dalam Bahasa Jepang atau semi cascade dalam Bahasa Inggris.
Cara membuat bonsai semi menggantung
Bakalan bonsai semi menggantung. Ficus sp.
Cara membuat bonsai semi menggantung
Bakalan bonsai gaya semi menggantung berupa bonggol-bonggol tanaman cukup sulit diperoleh di nursery-nurseri tanaman hias. Oleh karena itu, lebih mudahnya kita membuat sendiri bakalan bonsai dari setek. Kita bisa memakai tanaman yang arah tumbuhnya tegak lurus. Asalkan batangnya masih lentur. Jenis-jenis tanaman yang bisa dipakai, antara lain; beringin, jambu biji, cemara buaya, santigi dan pinus.

Pilih cabang tanaman yang arah tumbuh rantingnya ke bawah dengan sudut sekitar 120 derajat. Bila batang tanaman tampak kurang besar, lakukan pemotongan pada batang tersebut. Biarkan batang tersebut tumbuh membesar hingga sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Media tanam yang dipakai berupa tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:2. Biarkan bakalan ini tumbuh selama 6-12 bulan.

Langkah selanjutnya cara membuat bonsai semi menggantung yaitu pembentukan bonsai. Gunakan aturan yang sudah baku dalam pembuatan bonsai. Perhatikan keseimbangan cabang, ranting dan sosok tanaman secara keseluruhan. Untuk mempercantik tampilan, pakai pot yang tinggi. Kita bisa memakai pot yang diameternya sama tinggi dari atas ke bawah atau pot yang diameternya semakin membesar dari bawah ke atas. Jaga  bonsai semi menggantung ini jangan sampai tajuk terbawah melebih batas alas pot.