Budidaya Ikan Arwana Super Red, Pengenalan

Budidaya ikan arwana super red termasuk memiliki nilai eksklusifitas yang tinggi. Pasalnya, ikan arwana ini memiliki nilai prestisius tinggi dan menjadi primadona dari semua jenis ikan hias air tawar yang ada. Keistimewaannya terletak pada warna sisik dan tampilannya yang tampak sempurna serta proporsional dibandingkan dengan strain-strain arwana lainnya.

Warna ikan arwana super red yaitu merah menyala dan memancarkan kilau kekuningan. Mitos di negara tirai bambu dan matahari terbit, arwana super red memiliki symbol keperkasaan karena sisiknya yang berwarna merah menyala seperti mirah delima. Tak perlu heran kalau harga ikan bisa mencapai puluhan juta Rupiah. Bahkan anakannya saja yang masih seukuran 12 cm dihargai Rp 5 juta.
Budidaya ikan arwana super red
Ikan arwana super red
Untuk tujuan budidaya ikan arwana super red, tentu bisnis ini berprospek sangat tinggi ke depannya. Sebagai pemula kenali dulu ciri-ciri fisiknya. Di bagian kepala dan punggung terdapat batas sisik yang menyerupai ring. Batas sisik ini terkadang bisa merata sampai ke seluruh bagian tubuh ikan. Pada tepi sirip-siripnya terdapat warna merah terang. Warna merah akan tampak mencolok di bagian ujung ekor. Lingkaran sisik berwarna merah kekuningan sampai merah terang. Bibir ikan tampak bergincu. Kornea mata ikan arwana berwarna hitam lembut dan dikelilingi warna kuning kecoklatan yang tampak merata.

Habitat ikan arwana super red di sungai dan danau yang airnya tenang dan tidak berbatu seperti di Kalimantan. Di sungai-sungai Kalimantan, ikan ini menyukai perairan di hutan-hutan gambut. Kondisi perairan yang kaya kandungan mineral, warna air yang cenderung hitam, cadangan makanan yang melimpah mendukung warna sisik-sisiknya yang super red itu. Tampak lebih menyala dan lebih pekat.


Warna merah menyala dan pekat di habitat aslinya tak sebanding dengan warna merah dari hasil budidaya ikan arwana super red. Ikan hasil penangkaran atau budidaya tidak sebagus dengan ikan di habitat aslinya. Selain itu terjadi sedikit perubahan morfologi, misalnya badan lebih lebar atau kepala yang berbentuk sendok. Namun, dari hasil budidaya inilah, ikan-ikan bisa dipelihara di rumah-rumah dan diperdagangkan. Ikan arwana super red yang berasal dari habitat aslinya dilindungi oleh undang-undang dan hukum yang berarti tidak boleh diperdagangkan atau dipelihara di rumah tanpa ijin dari otoritas berwenang.