Budidaya Teripang, Harga Jualnya Jutaan Rupiah Perkilogram

Harga jual teripang kering bisa mencapai 1,5 juta Rupiah perkilogram. Sayang pasokan dari para nelayan tak menentu karena memang sudah terbilang langka keberadaannya. Salah satu solusi yang bisa diterapkan untuk mengatasi kurangnya pasokan hewan laut family Holothuridae yaitu budidaya teripang secara intensif. Pemeliharaan memakan waktu 1 tahun untuk memperoleh bobot 300 gram per ekor sejak menetas.
Budidaya Teripang, Harga Jualnya Jutaan Rupiah Perkilogram
Teripang kering
Jenis-jenis teripang yang bernilai ekonom tinggi, antara lain; teripang gosok (Holothuria scabra), teripang gama (Stichopus variegatus), teripang nanas (Stichopus ananas), dan teripang grindo (Holothuria vitiensis). Teripang-teripang tersebut diekspor ke Malaysia, Singapura, Taiwan, Hongkong, Korea dan China dengan volume besar. Orang-orang di negara tersebut, mengolah teripang kering menjadi makanan favorit mereka seperti sup dan mi.

Di Korea dan Jepang, daging teripang malah dikonsumsi dalam keadaan segar. Mereka percaya teripang ini memiliki daya afrodisiak bagi pengkonsumsinya sehingga tokcer dalam bercinta. Daging teripang mengandung 48% protein, 2% lemak, 17% kadar air, 21% mineral dan 7% abu. Daging teripang mengandung kolesterol yang rendah sehingga aman disantap bagi para penderita tekanan darah tinggi.

Dalam budidaya teripang tidak dituntuk untuk menerapkan teknologi budidaya yang tinggi. Pembesaran teripang bisa dilakukan di perairan dangkal, landai dan tenang. Tak butuh banyak tenaga kerja untuk segala operasional budidaya, cukup satu orang saja untuk merawat dan memlihara keramba berukuran 10 m x 10 m atau 10 m x 20 m. Untuk benih-benih teripang bisa diambil dari Balai Budidaya Laut, Provinsi Lampung.

Padat tebar benih 250 gram per meter persegi dengan bobot benih 30 gram. Beri pakan alami dengan cara menaburkan pupuk ke keramba secara periodik. Biomassa pakan alami yang mencukupi kebutuhan populasi sekitar 1.600 ekor teripang yaitu 250 gram/m2. Dengan pemeliharaan intensif seperti ini, dalam waktu 1 tahun sudah mencapai bobot rata-rata 300 gram.


Bila Anda tertarik di segmen pembenihan teripang, teknologi yang diterapkan relatif gampang. Dari hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh Balai budidaya Laut Lampung, hasilnya memuaskan. Apalagi penerapan budidaya teripang yang dilakukan secara intensif dan berkesinambungan.

 BELI