Cara Membuat Aquaponik Dengan Wadah Terpisah

Ada 3 model aquaponik yang sudah dikenal di masyarakat luas. Namun, kali ini akan diterangkan cara membuat aquaponik dengan wadah terpisah yang terdiri dari dua bagian saja yaitu wadah bak penampungan ikan dan bak tanaman sayuran. Model ini cocok bagi para hobiis. Manfaat yang bisa diambil tentu selain panen ikan dan sayuran juga mempercantik estetika halaman rumah.

Rancangan aquaponik terdiri dari 6 bagian, yaitu bak ikan, bak penampung pertama, filter biologis, bak penampung kedua, tanaman hidroponik dan bak penampung ketiga. Nantinya, air akan mengalir ke semua bak tersebut. Tiap-tiap bak memiliki fungsi dan peran masing-masing. Bak ikan berfungsi sebagai penyedia bahan organik dari sisa pakan dan limbah ikan. Bak penampung pertama bertugas mengendapkan lumpur dari bak pertama.

Pada bagian filter biologis yang di dalamnya hidup mikroorganisme perombak bahan-bahan organik supaya menjadi ion-ion yang siap diserap oleh tanaman. Contohnya saja, nitrogen menjadi nitrat dan fosfor menjadi fosfat. Mikroorganisme ini berasal dari lumpur atau tanah yang ditaruh di bagian bawah bak. Sebagai tempat hidup mikroorganisme ini bisa dengan cara menempatkan butiran Styrofoam atau biji plastik yang berukuran sebesar kacang kedelai. Nantinya, benda-benda tersebut akan ditempeli oleh mikroorganisme tersebut.

Air selanjutnya mengalir ke dalam bak penampung kedua. Di bak ini, air diatur tingkat kemasamannya sebelum mengalir ke bagian sistem hidroponik. Bahan-bahan organik merupakan penyumbang kemasaman yang tinggi pada air. Oleh karena itu, perlu dinetralkan dengan pemberian kapur. Pemeriksaaan kemasaman air menggunakan pHmeter. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan kemasaman tinggi, lakukan pemberian kapur sedikit demi sedikit hingga angka pH berada dalam keadaan netral.

Air yang sudah netral dan mengandung hara yang cukup ini selanjutnya mengalir ke substrat hidroponik. Nantinya, tanaman akan menyerap unsur-unsur hara ini dan mensuplai oksigen terlarut ke dalam air ini. Sebelum air mengalir ke kolam ikan, air ditampung dan disaring terlebih dahulu. Untuk menjamin siklus air ini berlangsung terus-menerus, pompa celup yang berada di dalam kolam dan pompa udara harus berfungsi dengan baik. Sirkulasi siklus air seperti ini akan mencegah terjadinya perebutan oksigen terlarut baik untuk ikan-ikan maupun tanaman.


Cara membuat aquaponik dengan wadah terpisah di atas bisa berfungsi dengan baik asalkan hitung-hitungan luasan kolam, jumlah ikan, persentase kotoran dan sisa limbah, luasan tanaman hidropnonik dilakukan dengan tepat. Walhasil, panen ikan dan panen sayuran sekaligus bisa tercipta seperti halnya sistem mina padi yang sudah dulu ada.