Ternak Ikan Bawal Segmen Pembesaran Konsumsi

Serapan ikan konsumsi di masyarakat memang besar sehingga berapapun stok yang tersedia di produsen selalu habis. Hal ini tentu memberikan peluang dengan mas depan cerah bagi para pelaku ternak ikan bawal segmen pembesaran konsumsi. Ukuran ikan yang diminta oleh pasar 4 ekor tiap kilogram. Bila bobotnya lebih akan tetap terserap oleh para pengeola kolam pemancingan. Mereka memang membutuhkan ikan bawal berukuran besar untuk memanjakan para pelanggan mereka yang datang.

Bagi peternak ikan bawal, pembesaran ikan konsumsi bisa dilakukan dalam skala rumah tangga. Lama pemeliharaan antara 4-12 bulan, pemeliharaan selama 4 bulan bisa menghasilkan bobot rata-rata 2,5 ons. Sedangkan pemeliharaan selama 12 bulan bisa menghasilkan bobot rata-rata 0,5-1 kg per ekor. Kolam yang dipakai kolam beton atau kolam terpal. Sirkulasi air kolam lancar. Pakan yang diberikan berupa pellet berprotein 28-32% dan diselingi dengan aneka dedaunan, sayuran atau sisa-sisa makanan kita. Frekuensi pemberian pakan sebanyak 3 kali sehari.

Hal-hal yang perlu diperhatikan supaya ternak ikan bawal segmen pembesaran konsumsi berhasil dengan baik yaitu selalu menjaga kualitas air dengan rutin mengganti air kolam, takaran pemberian pakan dalam jumlah optimal (tidak kurang juga tidak berlebih), untuk keperluan usaha diperlukan 10 kolam berukuran masing-masing 2 m x 3 m. Hal ini diperlukan untuk menjaga kontinyuitas produksi.

Benih yang ditebar berukuran 7-9 dengan tingkat kepadatan 15 ekor per meter persegi. Dalam satu tahun pemeliharaan, total jumlah ikan sebanyak 1.500 ekor. Survival rate sekitar 90%. Rencana pemanenan setelah ikan bawal berbobot 3 ekor per kilogram. Dengan demikian, estimasi total panen ikan bawal sekitar 4,5 kuintal dalam satu tahun.


Ternak ikan bawal segmen pembesaran konsumsi realtif lebih mudah, asalkan peternak bisa menjaga kualitas air dan menjaga suhu air relatif hangat. Yang terpenting jangan sampai telat dalam pemberian pakan. Pasalnya, ikan bawal yang kelaparan bisa saling menyerang yang bisa berakibat pada luka berat dan kematian.