Peluang Usaha Ternak Tiktok, Sistem Perkandangan

Para pelaku usaha ternak tiktok hendaknya mampu memenuhi persyaratan sistem perkandangan yang tepat. Karena berhubungan erat dengan kenyamanan hidup tiktok selama berada di kandang. Pada dasarnya, memelihara tiktok sama dengan itik petelur yaitu sama-sama bisa dipelihara menggunakan kandang koloni atau ren. Kandang seperti ini membuat tiktok merasa aman dan leluasa bergerak kesana kemari. Kandang koloni juga membuat nyaman tiktok-tiktok saat makan dan minum.
Peluang Usaha Ternak Tiktok, Sistem Perkandangan
Konstruksi kandang tiktok
Untuk penentuan lokasi kandang, perlu diperhatikan tingkat ketenangan lokasi dan jauh dari aktivitas manusia. Lokasi kandang harus jauh dari jalan raya dan pabrik. Kandang harus terkena sinar matahari penuh dari pagi sampai sore hari. Kandang terbuka ke arah empat sisi sehingga sirkulasi udara lancar. Hal ini bertujuan supaya bisa diatur kondisi suhu pada siang hari dan mempercepat penguapan lantai kandang supaya tidak becek.

Ruangan dalam kandang harus tercipta senyaman mungkin buat kehidupan tiktok. Usahakan jangan sampai terjadi atap bocor. Bahan yang digunakan untuk atap sebaiknya dipilih dari rumbai dan genteng tanah liat. Rangka kandang terbuat dari bahan kayu dan bambu. Supaya peternak mudah keluar masuk kandang, tinggi atapnya dibuat sekitar 2,5 m dari lantai. Untuk kandang usaha ternak tiktok yang berukuran besar, sebaiknya memakai model atap piggy back supaya sirkulasi udara lancar.

Untuk bagian belakang dan samping kiri kandang ditutup dengan kawat ram atau lajur bambu/kayu. Pembatas antar ruang dibuatkan dinding berbahan bambu atau kayu setinggi 50-60 cm. Jarak antar bilah jangan terlalu rapat supaya tiktok tidak mudah terjepit di antara bilah-bilah ini. Keberadaan dinding akan membuat tiktok tak keluar dari kandang dan bisa berfungsi sebagai penghadang angin yang datang. Celah-celah dinding ini juga memudahkan pengeluaran gas-gas NO2, SO3, CO2, H2S yang berasal dari timbunan kotoran tiktok.

Bagian lantai kandang diberi lapisan sekam supaya suhu kandang relatif hangat dan selalu terjaga kebersihannya. Tidak harus sekam, bahan lain seperti gergaji kayu bisa dipakai asalkan empuk, tidak mudah memadat, kering dan bersih. Lantai kandang yang bersemen tidak dianjurkan karena kotoran tiktok sulit meresap sehingga mempersulit perawatan.


Kapasitas tiap kandang usaha ternak tiktok disesuaikan dengan umur dan ukurannya. Pada prinsipnya, jangan terlalu padat. Kepadatan standar yaitu 8 ekor tiktok tiap meter persegi. Ini berarti, kandang yang berukuran 3 m x 4 m bisa diisi tiktok sebanyak 90-100 ekor. Dengan angka kepadatan tersebut, pengontrolan tiktok mudah dilakukan. Seiring dengan perkembangannya, kepadatan tiktok dalam kandang dikurangi supaya tetap optimal tumbuh kembangnya.

 BELI