Pengenalan Tanaman Hias Jenis Melati Jasminum sambac

Dari sekitar 200 jenis melati di dunia, tanaman hias jenis melati Jasminum sambac yang paling familier dikenal oleh masyarakat. Melati ini berwarna putih bersih. Jenis ini sudah banyak yang membudidayakan. Biasanya dipakai untuk campuran teh sehingga harum baunya. Nilai bisnisnya tinggi. Melati ini dinobatkan sebagai puspa bangsa yang diperkenalkan ke dunia internasional sejak 5 Juli 1990.
Pengenalan Tanaman Hias Jenis Melati Jasminum sambac
Bunganya digunakan sebagai campuran teh
Sosok tanaman berupa perdu merambat yang tingginya bisa sampai 3 meter. Batang berbentuk segi empat. Daunnya oval atau elips dengan permukaan atas berwarna hijau mengkilap. Jenis melati ini tumbuh baik di dataran rendah sampai pada ketinggian 600 m dpl. Namun, banyak pekebun yang membudidayakan di daerah dataran rendah.

Orang-orang Indonesia mengenal jenis melati Jasminum sambac dengan sebutan melati putih. Orang Eropa menyebutnya arabische jasmine, padahal berasal dari India. Orang arab menyebutnya yasmin. Orang persia menyebutnya yasaman. Warna putih bersih bunga ini disukai banyak orang di berbagai belahan dunia karena baunya yang begitu harum. Sayangnya, bunganya sulit menghasilkan buah. Perbanyakannya dengan cara setek batang.

Menurut sejarah, budidaya melati ini sejak tahun 1665 di Inggris. Ada dua varietas melati putih berdasarkan bentuk bunganya, yaitu melati putih berbunga tunggal dan yang berbunga ganda (tumpuk). Untuk yang berbunga tunggal disebut Jasminum sambac varietas maid of orleans. Untuk yang berbunga kelompok atau tumpuk disebut varietas grand duke of tuscany. Ada pula yang menyebutnya Jasminum trifoliatum atau gardenia jasmin. Di Indonesia, tanaman hias jenis melati Jasminum sambac yang mahkotanya bertumpuk dikenal dengan sebutan melati bangkok karena para pecinta tanaman hias memperolehnya dari negeri gajah putih.