Mengenal Tanaman Hias Air Marjinal Dan Manfaatnya Di Kolam Taman

Tanaman hias air dibagi menjadi 4 bagian, antara lain; tanaman hias air marjinal, tanaman bagian yang dalam, tanaman oksigenator dan tanaman terapung. Masing-masing bagain tersebut memiliki fungsi tersendiri pada kolam selain manfaat keindahannya. Misalnya saja tanaman okisgenator mampu memberi kontribusi yang cukup untuk menambah jumlah oksigen terlarut. Tanaman teratai yang menempati bagian dalam kolam memberi manfaat sebagai penyerap amoniak terlarut yang sangat bagus.
Mengenal Tanaman Hias Air Marjinal Dan Manfaatnya Di Kolam Taman
Pontedera cordata, bunganya cantik
Tanaman hias air marjinal adalah tanaman air yang tumbuh di pinggir kolam. Perakaran tumbuh di dasar kolam yang dangkal (sekitar 25 cm dari permukaan air). Tanaman ini lebih banyak memberi manfaat keindahan dibandingkan sebagai penyeimbang ekosistem kolam. Tanaman ini biasanya memiliki daun-daun yang lebat dengan bentuk bervariasi sehingga memberikan lansekap kolam yang khas pada sekeliling kolam.

Tanaman hias air marjinal biasanya bersifat perenial (tahunan). Banyak jenis dan varietas tanaman ini memiliki tampilan yang unik dan indah sepanjang tahun. Ada jenis yang menonjolkan bunganya yang indah, ada pula yang menonjolkan bentuk daunnya yang indah. Bentuk lainnya yang cukup unik yaitu rumpun. Ada pula yang menjalar dan menyebar dengan cepat.

Jenis-jenis tanaman in, antara lain; Alisma plantago, Acorus calamus variegatus, Pontederia cordata, Sagittaria sagittifolia, Typha orientalis. Tanaman-tanaman tersebut bisa ditanam langsung ke dalam kolam atau ditanam di dalam pot.

Bila tanaman hias air marjinal ditanam di sepanjang pinggir kolam, tiap tanaman sebaiknya dipisahkan antara satu tanaman dengan tanaman lainnya. Pisahkan dengan batu bata atau batu sehingga di antara pembatas itu tidak ada tanahnya. Tiap bagian bisa terdiri dari beberapa tanaman tapi masih dalam satu varietas atau jenis. Untuk kolam taman, jangan semua bagian pinggir dipenuhi tanaman ini, sisakan sebagain ruang kosong sehingga bisa memberikan kesan keserasian dan keharmonisan kolam.